Home / breaking / Dharmasraya Raih Rekor Dunia- Indonesia (MURI) di Festival membuat 2018 Kancah wajik

Dharmasraya Raih Rekor Dunia- Indonesia (MURI) di Festival membuat 2018 Kancah wajik

Dharmasraya -Newshanter.com Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mendapatkannya penghargaan dari Museum Rekor Dunia- Indonesia (MURI) setelah mengadakan festival memasak “wajik” dengan jumlah 2018 lebih Kancah (Kuali Besar) Wajik.oleh Bundo Kandung seluruh jorong se kabupaten dharmasraya.

Makanan khas orang Minangkabau memiliki bahan beras Ketan, dipadukan dengan gula aren (gula merah) dan kelapa itu sangat terasa nikmatnya di lidah bagi siapa saja yang mencicipinya.

“Ini adalah kategori baru dan terbanyak di Indonesia bahkan di dunia,” kata peserta.

Memasak wajik adalah mahakarya kebudayaan yang wajib lestarikan, karena wajik sendiri adalah bentuk kearifan lokal yang sudah ada sejak dahulu kala oleh masyarakat Minangkabau dan daerah lain di Nusantara ini,

Penghargaan dari MURI tersebut setelah Bunda kanduang kabupaten dharmasraya dan masyarakat menggelar mamasak wakil sebanyak 2018 tungku/kuali.

Festival memasak wajiktersebut digelar di Arena Sport Center koto padang dalam rangkaian HUT kabupaten dharmasraya yang ke-14,Minggu (07/01/2018)

Bupati dharmasraya sutan Riska tuanku kerajaan mengatakan Rekor MURI dicapai disaat Kabupaten Dharmasraya berusia 14 tahun merupakan salah satu upaya dalam melestarikan dan mengembangkan asset budaya lokal yang dimiliki daerah itu.

“Saya berharap masyarakat dharmasraya dan sekitarnya dapat lebih mengapresiasi asset budaya yang dimiliki, termasuk yang kita laksanakan hari ini kata Bupati termuda di Indonesia ini.

Gubernur Sumbar H Irwan Prayitno, juga hadir dalam rangka memeriahkan HUT Dharmasraya ke- 14 saat itu, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Masyarakat dharmasraya

Festival membuat 2018 Kancah wajik, termasuk salah satu rekor muri dunia. Maka dari itu, perlu dipertahankan dan dikembangkan agar daerah menjadi tujuan wisata kuliner bagi wisatawan luar. Selain itu, juga perlu dikembangkan kuliner khas lainnya, supaya terangkat juga kepermukaan. Minta gubernur ini.

Ribuan masyarakat memenuhi Gelanggang Olahraga Sport Center dharmasraya dalam rangka menyaksikan Festival 2018 lebih Kancah Wajik ini.(tanten)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Wawancara Lengkap dengan Kapitra Ampera soal Jadi Caleg PDIP

Jakarta -Newshanter.com Advokat Kapitra Ampera bicara panjang-lebar soal kabar menjadi caleg Pemilu ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 07-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC