Home / breaking / Sukses Tidaknya HPN di Sumbar, Humas Punya Peranan Penting
Wagub Pimpin Rapat

Sukses Tidaknya HPN di Sumbar, Humas Punya Peranan Penting

Sumbar. Newshanter.com.Sukses atau tidak pelaksanaan sebuah acara atau kegiatan, bergantung pada banyak faktor, salah satu yang terpenting adalah sosialisasi dan promosi pada khalayak.

Bahkan mungkin bisa dikatakan itu merupakan ujung tombak keberhasilan acara, karena tanpa sosialisasi dan promosi, khalayak tidak mengetahui ada sebuah acara yang digelar. Otomatis, acara jadi minim pengunjung.

Hal itu tidak terkecuali untuk Hari Pers Nasional 2018 yang akan digelar di Sumatera Barat pada 9 Februari. Sosialisasi dan promosi menjadi salah satu kunci sukses atau tidaknya pelaksanaan kegiatan insan pers tingkat nasional itu.
Apalagi, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno sejak awal telah wanti-wanti agar HPN 2018 berjalan sukses, karena itu menyangkut nama baik daerah. Seluruh persiapan diminta dilaksanakan semaksimal mungkin, termasuk sosialisasi dan promosi.

Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar menyadari benar tanggung jawab itu. Sebagai ujung tombak dalam hal tersebut, seluruh jajaran mulai dari Kepala Biro hingga staf dituntut bersinergi dan memaksimalkan koordinasi agar masyarakat Sumbar mengetahui dan mendukung penuh pelaksanaan HPN di daerah itu.

Beragam cara dilakukan untuk mensosialisasikan pelaksanaan HPN 2018 di Sumbar, mulai dari pemberitaan di media, iklan, talk show hingga memanfaatkan media luar ruang seperti spanduk dan baliho.

Hubungan baik dengan pimpinan media baik lokal maupun nasional menjadi modal penting dalam memuluskan sosialisasi dan promosi di media massa baik cetak, elektronik maupun portal.

Hampir setiap hari berita tentang HPN keluar di media massa secara bergantian, seolah ingin menjagar ritme agar masyarakat Sumbar selalu ingat, acara puncak HPN pada 9 Februari 2018.
Iklan dan talk show di televisi nasional juga dilaksanakan agar informasi seputar kesiapan daerah menyambut HPN tersebar luas hingga ke pelosok Indonesia.
Hal itu tentu penting dilakukan karena peserta HPN nanti diperkirakan 3000 hingga 5000 orang wartawan dari seluruh pelosok Indonesia.

Masyarakat setempat juga didorong untuk mendukung penuh acara yang rencananya dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet tersebut.

Kepala Biro Humas Jasman mengatakan komitmen jajarannya adalah untuk menyebarkan informasi melalui sosialisasi dan promosi melalui berbagai media agar HPN di Sumbar bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Acara ini penting artinya untuk daerah selain untuk promosi potensi Sumbar, juga untuk menarik proyek nasional untuk mempercepat pembangunan,” kata dia.

Salah seorang wartawan, Bobi mengatakan sosialisasi memang harus dilakukan secara merata pada setiap media baik cetak, elektronik maupun portal. Hal itu karena masing-masing media memiliki segmen pembaca.
Pelaksanaan HPN 2018 dibagi atas tiga segmen waktu yaitu Pra HPN, Pekan HPN dan Puncak HPN. Kegiatan Pra HPN sudah mulai digelar sejak September 2018 dengan berbagai kegiatan di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan akan makin meriah pada pekan HPN 1-9 Februari karena banyak kegiatan yang telah disiapkan. Puncaknya pada 9 Februari masyarakat Sumbar bisa melihat langsung dengan Presiden RI Joko Widodo.(ANT)

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Diduga lamban penanganan SPDP kasus korupsi 2015, Gerak – RI gugat Polri

Palembang, Newshanter.com – Diduga lamban dan berbelit dalam penanganan Surat Perintah Dimulainya ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC