Home / breaking / Putra asal Baturaja Sumsel di Pariaman , Diberi Gelar Sutan Mudo Nan Putiah

Putra asal Baturaja Sumsel di Pariaman , Diberi Gelar Sutan Mudo Nan Putiah

PARIAMAN –Newshanter.Com. Dandim 0308 Pariaman Sumatera Barat Letkol Arh Hermawansyah yang merupakan putra asli daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima gelar Sultan Mudo Nan Putiah dari Pariaman Batagak Gala (PBG) II pada Minggu (24/12).

Prosesi Pemberian Gelar tidak hanya Dandim putra asal Baturaja, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, mendapat gelar Sangsako, dalam rapat LKAAM Kota Pariaman dan KAN se-kota Pariaman, beserta para Datuak, Panghulu, ninik mamak, dan kapalo mudo serta bundo kanduang, yang bertempat di pondok depan rumah tabuik subarang.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengharapkan dengan dianugerahinya gelar sangsako kepada Kapolres Pariaman dan Dandim 0308 Pariaman, akan meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah dan instansi yang bersangkutan,”sehingga akan menjalin kerjasama yang lebih harmonis untuk kemajuan kota pariaman kedepanya,”ucap Walikota Pariaman.

Gelar sangsako ini, akan terus melekat sepanjang hayat kepada AKBP Bagus dan Letkol Hermawansyah (Putra Asli Baturaja) dan tidak bisa untuk diwariskan.

“Pemberian gelar ini, telah berdasarkan rapat LKAAM dan KAN yang dimulai dari bulan Oktober lalu, dan dari pertimbangan bahwa Kapolres Pariaman dan Dandim 0308 Pariaman, telah banyak aktivitas mempromosikan Kota Pariaman dalam mewujudkan kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata,”jelas Mukhlis Rahman.

Selain itu Dandim telah mempelopori Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah (Masih Puber), yang mengajak masyarakat untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dalam rangka meramaikan mesjid dan musholla yang ada di Kota Pariaman, dan event offroad dan tinju nasional, dalam rangka mempromosikan Kota Pariaman, serta menggagas kegiatan gotong royong membersihkan dan memperbaiki mesjid dan musholla.

Sedangkan Kapolres Pariaman telah menggagas Apel Sabiduak Sadayuang, yang melibatkan tokoh masyarakat, alim ulama dan tokoh adat, sehingga Polres telah menjalankan fungsi Tungku Tigo Sajarangan (Ninik Mamak, Alim Ulama dan Pemerintah) dalam pelaksanaan Kamtibmas di kota pariaman.

“Karena alasan itulah mereka memdapatkan gelar adat sangsako dari LKAAM Kota Pariaman,”jelas Wako.

Kemudian untuk gelar Bundo Kanduang, kepada istri Kapolres Pariaman dianugerahi gelar Bundo Nan Anggun, sedangkan istri Dandim 0308 Pariaman dengan gelar Bundo Nan Rancak oleh Bundo Kanduang Kota Pariaman.

Hadir juga Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Kajari Pariaman Elfrianto, Kepala Pengadilan Negeri Yoserizal, Sekda Indra Sakti, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, Camat dan seluruh undangan yang hadir.(*))

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Diduga lamban penanganan SPDP kasus korupsi 2015, Gerak – RI gugat Polri

Palembang, Newshanter.com – Diduga lamban dan berbelit dalam penanganan Surat Perintah Dimulainya ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC