foto net

Duta Besar Rusia di Turki Ditembak Saat Berpidato

Ankara –Newshanter.com. Seorang aparat polisi Turki menembak mati Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrei Karlov saat memberikan pidato di sebuah galeri seni di Ankara, Senin (19/12/2016), sempat dibawa kerumah sakit untuk perawatan darurat karena luka serius, namun nyawanya tak tertolong dan meninggal dirumah sakit. diduga penembakan ini merupakan aksi protes atas keterlibatan Rusia di Aleppo, Suriah.

Pembunuhnya diketahui merupakan seorang anggota polisi anti huru hara Ankara, Mevlut Mert Aydintas, yang berusia 22 tahun. Masih belum jelas jika dia memiliki kaitan dengan kelompok tertentu atau tidak, namu dari laporan-laporan yang dihimpun Polisi itu melepaskan tembakan sambil meneriakkan pesan tentang kota Aleppo di Suriah.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir ini Hubungan Turki dan Rusia menegang karena keterlibatan kedua negara dalam konflik di Suriah.

Sehari sebelum penembakan, dikota Istambul marak terjadi unjuk rasa dari berbagai kelompok warga di gedung Konsulat Jenderal Rusia di Istanbul yang menentang dukungan Rusia atas pasukan pemerintah Suriah.
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan serangan tersebut ditujukan untuk mengganggu hubungan dengan Rusia.

Dia juga sudah berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimor Putin, lewat telepon dan mengatakan keduanya sepakat bahwa tindakan itu sebagai ‘provokasi’ dan upaya ingin merusak hubungan kedua negara.

Sebelumnya Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, menyebut pembunuhan Andrey Karlov di ibu kota Ankara sebagai sebagai tindak terorisme.

Menurutnya mengatakan Turki sudah memberi jaminan akan ditempuh penyelidikan menyeluruh dan pihak-pihak yang terlibat akan dihukum.

Sementara juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, John Kirby, menegaskan para pejabat AS sudah mendengar laporan tentang serangan atas Dubes Karlov.“Kami mengecam tindakan kekerasan ini, apapun sumbernya. Hati dan doa kami bersamanya dan keluarganya.” (BB/HAN)

turki1 turkiturki2

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    Pos-pos Terbaru

    x

    Berita Lain

    Dukung Peningkatan Investasi Industri Hulu Migas Persetujuan Revisi PoD I Lapangan Minyak Ande-Ande Lumut

    Jakarta, newshanter.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ...