Home / Internasional / Kudeta Militer di Turki Gagal, Obama Dukung Pemerintahan
Presiden-Turki Erdogan

Kudeta Militer di Turki Gagal, Obama Dukung Pemerintahan

Ankara -Newshanter.com- Kudeta yang dilakukan salah satu faksi militer di Turki gagal. Pasukan militer yang pro pemerintah sudah menguasai kembali beberapa lokasi penting. Mulai dari gedung parlemen sampai stasiun TV.

Kudeta ini seperti dikutip reuters, Sabtu (16/7/2016) tidak direstui petinggi militer Turki. Bahkan, pasukan khusus militer Turki langsung mengambil tindakan. Mereka menyerbu stasiun TV yang sempat dikuasai faksi militer pelaku kudeta. TV sudah kembali dikuasai.

Tak hanya sampai di situ di jalanan di Kota Istanbul dan Ankara, seperti dilihat dalam tayangan Aljazeera, beberapa pasukan tentara pelaku kudeta ditangkap dan dibawa pria bersenjata.

Situs berita AFP juga melansir penyataan pemerintah Turki. Ibu Kota Ankara dan juga Kota Istanbul sudah kembali dikuasai pemerintah Erdogan. Presiden Turki itu juga sudah mengerahkan pendukungnya untuk turun ke jalan dan menentang kudeta. Seruan Erdogan disambut dengan menyemutnya ribuan massa di beberapa lokasi seperti di Taksim Square di Istanbul.

Kudeta ini memang hanya terjadi beberapa jam saja. Kudeta tidak didukung militer sepenuhnya. Angkatan Darat dan Angkatan Laut Turki yang merupakan kekuatan penting, tidak sepenuhnya berada di faksi militer yang melakukan kudeta.

Seperti pernyataan dari Komandan pasukan khusus Militer Turki, Jenderal Zekai Aksakalli yang menegaskan tidak merestui kudeta terhadap pemerintah. Dalam pernyatan General Zekai di dalam siaran radio NTV, ia menambahkan kudeta tidak akan berhasil dan pasukan khususnya bersama masyarakat. Situasi Turki kini perlahan normal pasca kudeta.

Obama Tolak Kudeta Militer di Turki

SEmentra itu Presiden AS Barack Obama memberikan pernyataan mengenai kudeta militer di Turki. Obama menentang kudeta militer, dia menyerukan semua pihak mendukung pemerintahan yang dipilih demokratis.

“Semua pihak di Turki harus mendukung pemerintah yang terpilih secara demokratis. Turki harus menahan diri, dan menghindari kekerasan, atau pertumpahan darah,” demikian pernyataan dari Gedung Putih mengutip perbincangan Obama dan Menlu AS John Kerry seperti dilansir dari AFP, Sabtu (16/7/2016).

Kerry sendiri sudah menelepon Menlu Turki. Dia menegaskan dukungan Amerika atas pemerintah Turki yang disebutnya dipilih secara demokratis.”Pemerintah AS sepenuhnya mendukung pemerintah sipil Turki yang dipilih demokratis,” tegas Kerry.(DTC/01)

kudeta-turki-e1468622019658Kudeta-Turki

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polsek Tapung Hulu Ringkus Seorang Pengedar Shabu-shabu di Desa Senama Nenek

TAPUNG HULU – Jajaran Polsek Tapung Hulu Polres Kampar amankan seorang pengedar ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 12-01-2017 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2017 12:01 am UTC