Home / breaking / Woiiih…, Pungli Dana BOS di Aceh Utara Mulai Mencuat

Woiiih…, Pungli Dana BOS di Aceh Utara Mulai Mencuat

 

Aceh Utara newshanter.com – Dunia Pendidikan di Kabupaten Aceh Utara, Kembali dikabarkan melakukan pengutipan terhadap Dana Operasional Sekolah (BOS), kali ini pungutan tersebut dilakukan oleh kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah – Pendidikan dan Kebudayaan (UPTD- PK), Kecamatan Sawang.

Salah satu sumber yang meminta namanya tidak di sebutkan, berapa hari lalu, kepada media ini mengaku, kepala UPTD kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, meminta dirinya untuk menyetor dana BOS setiap triulan seribu rupiah persiswa, kepada pihak unit pelaksana teknis daerah.

“tidak dijelaskan untuk kegiatan apa, Namun bila saya belum memberikannya, setiap saat selalu ditelepon oleh kepala UPTD, bahkan pungutan tersebut sudah berjalan beberapa tahun, semenjak saya ditempatkan menjadi sebagai salah satu sekolah di Kecamatan Sawang, hal itu sudah mulai berjalan,” ungkap sumber itu.

Ia menambakn, pungutan dana yang bersumber dari Anggaran Pembelanjaan Bendapatan Negara (APBN), oleh kepala UPTD dilakukan setiap triulan, tepatnya saat pencairan dana BOS, bila kita jumlahkan dalam satu tahun empat kali pencairan, empat ribu persiswa dalam setahun bukan jumlah yang tidak terlalu besar, akan tetapi dapat memicu dampak yang buruk terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Aceh Utara, katanya.

Sementara itu Kepala unit pelaksana teknis daerah, Kecamatan Sawang, Nasir, saat di wawancarai Media melalui telepon seluler, Selasa (27/2/2018), menyangkut pengakuan kepala sekolah tersebut, bahkan dirinya mengaku tidak pernah melakukan pungutan terhadap dana itu.

“Selama saya bertugas belum pernah meminta kepala sekolah untuk memberikan setoran yang bersumber dari dana bantuan operasional sekolah, namun bila ada kepala sekolah yang memberikan secara Cuma-Cuma untuk sekedar buat minum saya terima,” aku nasir.

Lanjud Nasir, bila benar ada pengakuan dari kepala sekolah ada pengutipan liar terhadap dana bos itu keliru, bahkan dengan nada lantang dirinya meminta awak media untuk melakukan komfirmasi ulang kepada sejumlah kepala sekolah yang ada di Kecamatan Sawang.

“Coba tanyakan kembali kepada para kepala sekolah, bila ada pihak UPTD yang meminta setoran dana itu sebesar seribu per siswa siapa pelakunya, sambil memperkenalkan dirinya juga ada saudara kandung di salah satu pemimpin organisani pers dilhokseumawe,” kata Nasir.

Hasanuddin – NHO

About ZP NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

KPU UMUMKAN DAPTAR CALON TETAP(DCT)ANGGOTA LEGISLATIP.

OKU selatan Newshanter.com. KPU Oku selatan melakukan rapat pleno daftar calon tetap ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 09-01-2018 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2018 12:00 am UTC