Home / TNI / Kodim 0722/Kudus / TMMD Bantu Cegah Penyebaran Covid -19 Satgas Berikan Sosialisai Pada Warga

TMMD Bantu Cegah Penyebaran Covid -19 Satgas Berikan Sosialisai Pada Warga

Kudus – Satgas TMMD Reguler ke 107 kodim 0722 Kudus melaksanakan Memberikan sosialisasi kepada Warga Dalam rangka Upaya Pencegahan Penyebaran virus Corona (Covid 19) dan sebagai langkah antisipasi deteksi dini terhadap penyebaran Virus Corona . Kepada Warga Desa Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Senin (30/03/2020).

Dalam kesempatan tersebut satgas TMMD berikan sosialisasi tentang virus corona dengan cara menemui secara langsung masyarakat binaan dilakukan agar tidak ada kepanikan berlebih, namun tetap siaga dan waspada.

Serka Ashadi Treel ,”menyampaikan diharapkan semua Warga harus mematuhi peraturan pemerintah karena saat ini di Kabupaten Kudus sudah diberlakukan “Social Distancing” yang artinya adalah agar
Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang bisa menimbulkan dampak Penularan. 
Karena penyebaran virus corona sangat mudah, hanya dengan kontak tubuh dengan yang sudah terkena virus saja sudah bisa tertular Sehingga kita harus selalu menjaga kebersihan dan berolah raga Salah satunya dengan mencuci tangan baik dengan sabun atau antiseptik. Sesudah dan sebelum melakukan aktifitas, ujarnya .

Demikian dari Dinas Kesehatan menyampaiakan kata beberapa Istilah dalam Corona Virus Diase (Covid-19) diantaranya seperti ,”

1. ODP, Orang dlm Pemantauan

2. PDP, Pasien dlm pengawasan

3. Suspect, diduga terkena virus karna sdh menunjukan  gejala dan pernah berkontak atau bertemu dg orang yg positif corona

4. Positif, Setelah melalui cek lab dan prosedur lain

5. Lockdown, mengunci masuk keluar dari suatu wilayah/daerah/negara

6. Social Distancing, Menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia, menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

7. Isolasi, Untuk yg sakit. Mengendalikan penyebaran penyakit dg membatasi perpindahan orang mencegah perpindahan penyakit  dari orang yg sakit

8. Karantina, Untuk yg sehat.  Mengendalikan penyebaran penyakit dg membatasi perpindahan orang mencegah perpindahan penyakit  ke orang yg sehat

9. Work From Home (WFH), Bekerja dari rumah

10. Imported Case, Seseorang terjangkit saat berada diluar wilayah dimana pasien melapor

11. Local Transmission, Pasien tertular diwilayah dimana kasus ditemukan.

12. Epidemi, Penyebaran penyakit secara cepat dg jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran disuatu wilayah.

13. Pandemi, Penyebaran terjadi secara global.

Oleh karena itu, diperlukan kesadaran masyarakat untuk aktif dan melaporkan kepada Pemdes setiap ada pendatang atau pemudik dari luar kota supaya didata dan di cek kesehatanya. (Pendimkudus)

About Andre Newshanter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Pasien Karantina ODP Covid-19 Diajak Senam Komando Oleh TNI-Polri

Kudus – Dengan berakhirnya gelaran TMMD Reguler 107 di Desa Kedungsari aparat ...