Home / SUMSEL / OKU / Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2021

Pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2021

Muaradua newshanter.com
Wakil Bupati Oku Selatan Sholihein Abuasir atas nama Bupati OKU selatan Popo Ali Martopo membuka Musrenbang rencana kerja pemerintah Daerah(RKPD) Digedung dewan kesenian kamis 19/3/2020.

Dihadiri oleh Ketua DPRD OKUS Heri Martadinata, S.E. Forkopimda, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kasubbid Pelaksana dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah IV-B Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bappeda Kabupaten Muaraenim, Kepala Bappeda OKU Timur, Kepala Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, Para Asisten, Para Kepala OPD, Para Camat, dan Para Kepala Desa Se Kabupaten OKU Selatan.

Dalam laporan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan Natalion, S. STP.,M.Si. menyampaikan bahwa sebelum rangkaian acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2020 dimulai telah didahului dengan serangkaian acara Pra Musrenbang, yang meliputi penyusunan rancangan awal RKPD, Musrenbang Tingkat Kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten OKU Selatan dan Forum OPD Lintas Sektoral, dan dilaksanakan berbasis elektronik dengan berpedoman terhadap Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019.

Penyerapan usulan rencana program dan kegiatan tahun 2021 melalui Aplikasi Simppeda yang dimulai dari 15 Januari 2020 hingga kemarin telah menjaring usulan program dan kegiatan sebanyak 2.686 Sub Kegiatan dengan rincian 380 usulan pokok pikiran DPRD 1.344 usulan Musrenbang Kecamatan dan 27.657 usulan OPD.

Dalam kesempatan ini mewakili Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Pejabat Fungsional Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Hj. Sri Windayanti memaparkan Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya paparan dari Kasubbid Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Wilayah IV-B Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Hilman Rosada, S. AP.,M.AP. terkait Permendagri No 90 Tahun 2019.

Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan mempunyai program memberikan penghargaan kepada Pemerintah Desa dan Perangkat Daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintahan Desa dan Perangkat Daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan.

Dalam sambutan wakil Bupati OKU selatan Sholihein Abuasir atas nama Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo M.B.Commerce.  bahwasannya melalui Tema Pembangunan Penerapan Ilmu Teknologi Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Daerah.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan di tahun 2021 akan memperioritaskan diantaranya :
Meningkatkan pelayanan publik yang cepat, tepat, mudah.
Peningkatan sistem berbasis elektronik yang berkualitas
Menurunkan tingkat kemiskinan
Terbangunnya Infrastruktur Strategis,Proses Inovasi Teknologi dari sektor pertanian, peternakan, perkebunan,dan pariwisata.

memiliki benefit dan impact terhadap masyarakat Kabupaten OKU Selatan dalam rangka percepatan pencapaian Visi dan Misi Daerah. Saya berpesan kepada Kepala Desa dan lurah, agar dapat mendukung visi misi kabupaten OKU selatan, agar dapat mengalokasikan Dana Desa dengan tepat sasaran,karna Dananya sangat sebesar sekali 308 milyar untuk 252 Desa dan 7 kelurahan dikabupaten OKU Selatan ungkapnya.

Wakil Bupati Solihein Abuasir juga menyinggung terkait Covid-19 WHO telah menetapkan status Covid-19 menjadi pandemi global dan Alhamdulillah Kabupaten OKU Selatan sampai saat ini belum terdeteksi Covid-19. Marikita menjaga dirisendiri dengan cara menjaga hidup bersih ungkapnya.(Usman)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Warga Desa Kualu ini Ditangkap Polsek Tambang, Diduga Terlibat Pencurian di Gereja

TAMBANG,newshanter.com – Disaat sebagian besar warga masyarakat berdiam dirumah dalam rangka Social ...