Home / breaking / Kejati Sumbar Amran “Jika Ada Penyimpangan Menimbulkan kerugian negara Akan Kita Sikat”
Kejati Sumbar Amarn di salam Jaksa Agung ST Burhamudin Usai di lantik Jumat 27/12/20190/ foto ist

Kejati Sumbar Amran “Jika Ada Penyimpangan Menimbulkan kerugian negara Akan Kita Sikat”

Jakarta. Newshanter.com. Dari 13 kepala kejaksaan Tinggi (KajatI) dan pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung Republik Indonesia. yang dilantik Jaksa Agung RI ST Burhanuddin Jumat (27/12/2019) terdapat salah seorang Putra terbaik dari Riau, dipercaya memegang jabatan sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Barat.

Amran yang merupakan kelahiran Pekanbaru, 22 September 1963 pernah menjabat sebagai Wakajati Lampung. Amran memulai kariernya sebagai jaksa pada tahun 1989 sebagai Staf tatausaha di Cabang Kajari Tanjung Pinang Tarempa Riau. Tiga tahun lamanya bertugas di Cabang Kejari Tanjung Pinang, Amran dari Jaksa Fungsional menjabat kepala sub seksi intelijen dan perdata dan tata usaha Negara.

Amran yang di wawancarai Newshanter.com usai pelatikan, mengatakan dirinya akan mengikuti arahan dari Jaksa Agung ST Burhanuddin yang menekankan tujuh tugas untuk segera dilaksanakan bagi para pejabat baru.

“Ada tujuh tugas yang harus segera dilaksanakan oleh pejabat baru satu diantaranya Jaksa Agung meminta agar dalam penegakan hukum tidak hanya berpijak pada aturan hukum positif, tetapi juga mempertimbangkan nilai-nilai keadilan yang berkembang di tengah masyarakat dengan memperhatikan tatanan dan kearifan lokal,” ujarnya.

Amran SH MH Kejati Sumbar/ Foto IST

Amran yang alumni SMA Negeri 2 Pekanbaru ini, ketika ditanya targetnya di Sumbar, dirinya akan bekerja keras untuk memberantas korupsi.”Kita akan bekerja keras untuk bisa menciptakan agar Sumatera Barat bebas dari korupsi, penanganan korupsi kita lebih menitikberatkan pada pencegahan tapi jika memang ditemukan penyimpangan yang mengarah dan menimbulkan kerugian negara makan akan kita sikat,” ujar Amran yang juga alumni dari universitas Riau.

Ketika ditanya apa tidak canggung dinas di Sumbar ? Dinas dimana saja bagi saya sama, Ranah Minang bagi saya tidak asing lagi sama seperti “pulang kampung”. seluruh pelosok di sumbar sudah pernah saya singahi, karena kalau libur saya ke sumbar,’ ujar penggemar sate padang ini.

Katika suami dari Eliana SH dan ayah dari dr Dhani Arief dan Bella Antta SH ini, bertugas sebagai Kejaksaan Negeri (Kajari) kota Tanjung Pinang Kepri, membongkar kasus Kasus korupsi yang menjerat Sekda Tanjung Pinang Gatot Winoto. Korupsi sisa uang untuk dipertanggungjawabkan senilai Rp1,102 miliar dari pagu anggaran Rp5,7 miliar pada tahun anggaran 2010 untuk membiayai sembilan satuan kerja perangkat daerah Pemkot Tanjungpinang.

Selain itu ayah dariua d anak ini pernah bertugas di jajaran kejari Bengkalis di Bagan siapi- api, JajaranKejari Pelalawan Pangkalan Kerinci, Kepala Bagian Tata Usaha di Kejati Riau. Kepala Kejaksaan Negeri (kajari) di Kejari Tanjung Balai Karimun dan Kajari di kejari Tanjung Pinang.

Alumni Universitas Islam Riau Pekabaru ini pernah betugas di Kejati Maluku di Ambon selama dua tahun sebagai Asisten
pembina. Di Kejati Sumatera Utara (sumur) Sebagai Asisten Pembinaan. Kemudian dia tarik ke Ke Jagung RI sebagai Kordinator Pidum. Jaksa Agung Muda Tidak Pidana Umum. Kemudian Amran di tarik Ke Lampung sebagai Wakil Kepala Kejakasaan Tinggi Lampung di Bandar Lampung. Amran juga telah menyelesaikan pendidikan ASN/PNS tertinggi PIM 1 Nasional DI LAN (2018)(Zainal Piliang)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Larikan Mobil Rental, Pelaku Ditangkap di Wilayah Sumedang dan Dibawa ke Polsek Kampar Kiri Hilir

KAMPAR KIRI HILIR,newshanter.com – Hasil kerjasama Unit Reskrim Polsek Kampar Kiri Hilir ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 02-01-2020 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-31-2020 11:20 am UTC