Home / breaking / Jalan Sumbar- Riau Lumpuh Akibat Longsor Tiga mobil Terserat Dua Warga Luka-LukA

Jalan Sumbar- Riau Lumpuh Akibat Longsor Tiga mobil Terserat Dua Warga Luka-LukA

Lima Puluh Kota, Newshanter.com.- Akses jalan Sumbar-Riau lumpuh akibat longsor di Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat,Senin (09/12/2019) malam hingga Selasa (10/12/2019) pagi Longsor menyebabkan tiga mobil terseret timbunan longsor sehingga terguling dan menutupi akses jalan Sumbar-Riau itu dua korban mengalami luka-luka,

Kepala Kantor Pos Basarnas 50 Kota, Robby Saputra mengatakan ada tiga kendaraan yang tertimbun longsor, yakni dua truck dan satu Minibus. Lokasi berada di Jalan Negara Sumbar Riau KM 160, tepatnya di Jorong Simpang Tiga Nagari Koto Alam, Kecamatan Pangkalan.

Longsor melanda empat titik. Awalnya terjadi pada Senin (9/12/2019) malam di Kilometer 164, di mana jalan tertimbun sepanjang 8 meter dengan ketinggian material mencapai 5 meter. Setelah dibersihkan beberapa jam kemudian, longsor terjadi lagi di Kilomeer 156 dan Kilometer 158 pada Selasa dinihari.”Jalur sekarang tertutup total, karena proses evakuasi masih berlangsung,” kata Robby.

Menurut Kapolres Limapuluh Kota AKBP Sri Wibowo melalui Kanit Turjawali, Ipda Ariman Sural ada beberapa titik longsor malam tadi dengan waktu berbeda. Sekira jam 19.00 wib longsor terjadi di Km 164 Simpang Tiga Nagari Koto Alam, Longsor menimbun sebahagian badan jalan sepanjang 8 meter dengan ketinggian 5 meter. Sekira pukul 21.30 wib jalan sudah bisa kembali dilalui dengan sistem buka tutup.

Kemudian Sekitar pukul 23.00 Wib terjadi Longsor di Jl Negara Sumbar Riau KM 156 JR.Simpangtiga Nagari Koto Alam Kecamatan Pangkalan Koto Baru .Badan jalan tertimbun Longsor Sepanjang 7 M dan tinggi 5 M dan merobohkan Tiang listrik diatas badan jalan. Tiang listrik tumbang melintang badan jalan. Setelah dilakukan pembersihan badan jalan dengan alat berat dan di bantu pihak PLN membenahi jaringan listrik yang tumbang,jalan kembali bisa dilewati.

Karena guyuran hujan yang tidak ada henti sebelum pagi menjelang berakibat longsor kembali terjadi sekira jam 02.00 wib. Titik longsor di Jl.Negara Sumba-Riau Km 158 .Jr Sp Tiga Nag Koto Alam Kec Pangkalan Koto Baru Kab 50 Kota tanah menimbun Badan jalan sekitar sepanjang 7 M dan tinggi 4 M.

Baru usai pembersihan material longsor di titik ini, sekira jam 04.30 longsor kembali terjadi di KM 160. Material menimbun Badan jalan sepanjang 50 M.dengan tinggi 2 Metr Menimbun 1 Mobil Truk Nisan,1 Mobil Truk Colt Diesel dan 1 Unit Mobil Minibus APV. Arus lalulintas tertutup total.Sampai pagi Selasa petugas membersihkan jalur dan membantu evakuasi kendaraan tertimpa material longsor tersebut.

Semetara dua orang penumpang mobil APV menjadi korban longsor yakni Ardi. 56 th, suku tanjung, tani, kayu pontong kecamatan Matur kab Agam, mengalami bahu sebelah kanan sakit, dan Maulud Nasution, 24 th, batak, alamat jl pipa air bersih Duri, Kabupaten Bengkalis Riau hp 085214952031, mengalami mata lembam kabur, korban sudah dibawa ke puskesmas Tanjung Pati kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendapatkan perawatan.

Saat ini kondisi jalan sudah kembali bisa dilalui. Dari pantuan wartawan dilapangan jalan diberlakukan buka tutup karena alat berat masih terus membersihkan sisa sisa material longsor di badan jalan.Untuk itu Kapolres Limapuluh Kota AKBP Sri Wibowo melalui Kanit Turjawali, Ipda Ariman Sural menghimbau pengguna jalan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di jalan terutama di lokasi rawan bencana. (Tim)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Kedapatan Bawa Shabu, Residivis ini Kembali Ditangkap Resnarkoba Polres Kampar

KAMPAR,newshanter.com – Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kampar tangkap seorang residivis kasus narkoba ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 02-01-2020 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-31-2020 11:20 am UTC