Home / breaking / Enam Kecamatan di LIma Puluh KOta Diterjang Banjir

Enam Kecamatan di LIma Puluh KOta Diterjang Banjir

LIma Puluh KOta. Newshanter.com.Hujan deras yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, sejak Senin (9/12/2019) dini hari, menyebabkan banjir. Tercatat ada 6 kecamatan yang dilanda banjir, yaitu Kecamatan Payakumbuh, Suliki, Harau, Mungka, Pangkalan dan Lareh Sago Halaban. Jumlah tersebut berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota.

“Intensitas hujan sangat tinggi sejak dini hari tadi hingga sekarang. Saat ini sudah masuk laporan, 6 kecamatan yang terdampak banjir,” kata Kepala BPBD Limapuluh Kota Joni Amir kepada wartawan, Senin (09/12/2019)siang.

Joni mengatakan, akibat banjir itu ada ratusan hektar sawah warga yang tergenang air. Begitu juga rumah warga di 6 kecamatan tersebut. “Sampai saat ini sudah ada 57 rumah warga yang dilaporkan digenangi air. Kita masih melakukan pendataan,” kata Joni.

Menurut Joni, selain melakukan pendataan, pihaknya juga menurunkan tim untuk membantu warga. Pihaknya juga bersiap-siap jika ada warga yang perlu segera diungsikan, karena air semakin tinggi menggenangi rumah warga. “Kita juga menyiapkan tenda pengungsian jika ada warga yang perlu dievakuasi.

Sebanyak 57 kepala keluarga itu berpotensi untuk diungsikan, karena saat ini masih hujan,” kata Joni. Selain tenda pengungsian, BPBD juga menyiapkan perahu karet untuk membawa warga dari kepungan banjir. “Kita berharap hujan segera reda dan air menyusut. Jika hujan terus, tentu debit air semakin tinggi yang menyebabkan rumah warga tergenangi. Proses evakuasi perlu segera dilakukan jika hal ini terjadi,” kata Joni.(kC)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Kedapatan Bawa Shabu, Residivis ini Kembali Ditangkap Resnarkoba Polres Kampar

KAMPAR,newshanter.com – Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kampar tangkap seorang residivis kasus narkoba ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 02-01-2020 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-31-2020 11:20 am UTC