Home / Lampung / Kasi. Kesra Alokasikan BPNT Seorang Diri

Kasi. Kesra Alokasikan BPNT Seorang Diri

WAY KANAN, newshanter.com –
Tidak seorang pun yang menemani saat pengalokasian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dibalai Kampung Kaliawi Indah, Kecamatan Negeri Besar.

Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan salurkan bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya, hanya seorang diri saja.

Ketika ditemui di Balai Kampung Kaliawi Indah, Selasa 3/12/2019, Sulaiman yang mengaku Kasi. Kesejahteraan saat mengalokasikan BPNT pada seorang warga menjelaskan , sebanyak 58 orang Kepala Keluarga yang mendapatkan BPNT, proses awalnya, warga melakukan Pengecekan saldo apakah dana BPNT tersebut, telah masuk atau tidak nya di dalam rekening penerima BPNT, kalau untuk Kampung Kaliawi Indah mengecek di bank yang berada di SP 3, ketika sudah masuk rekening, maka Masyarakat tinggal mengambil bantuan itu di Balai Kampung.

E- Waroeng itu bukan berarti warung yang bekerjasama dengan program BPNT, cuma suplayer saja, jelasnya.

Masih menurut dia, kalau di Kampung lain, contohnya saja di SP 5 diturunkan langsung di Rumah, bukan di Balai Kampung seperti ini, kalau saya tidak ingin mengambil resiko, kita ngurusin orang tidak ada gaji.

Beras 10 Kg dan Telur 7 Butir untuk satu kali alokasinya dan Kampung Kaliawi Indah mendapatkan Dua bulan BPNT, sehingga masyarakat mendapatkan beras 20 Kg dan Telus 14 Butir, karena jumlah dana bantuan dari pemerintah pusat Rp 110 ribu perbulan, tutupnya.

Sementara Kepala Kampung Kaliawi Indah, Pathoni Ahmad, S.Pdi tidak ada di Balai Kampung padehal rumah pribadi nya bersebelahan dengan Balai Kampung tersebut.

BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah Pusat yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif. Penyaluran bantuan sosial secara non tunai kepada masyarakat dinilai lebih efisien, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat administrasi. Kartu elektronik yang dimaksud dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, dan bahan pokok lainnya di pasar, warung, toko sesuai harga yang berlaku sehingga rakyat juga memperoleh nutrisi yang lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat, tetapi juga protein, seperti telur. Selain itu, penyaluran bantuan sosial non tunai juga dapat membiasakan masyarakat untuk menabung karena pencairan dana bantuan dapat mereka atur sendiri sesuai kebutuhan. Untuk menyalurkan bantuan sosial non tunai ini, diawali dengan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Sementara berdasarkan Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan. Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan menggunakan KKS. E-warong adalah agen bank, pedagang atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan, penukaran, pembelian bahan pangan oleh KPM, yaitu pasar tradisional, warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK), agen bank yang menjual bahan pangan, atau usaha eceran lainnya. KPM dapat membeli bahan pangan sesuai kebutuhan pada e-warong yang memiliki tanda lokasi penyaluran bantuan sosial non tunai. Transaksi dilakukan secara non tunai mengacu pada jumlah saldo yang tersimpan pada chip KKS. Lewat sistem yang terhubung dengan perbankan ini, penyalur bantuan akan mendapatkan laporan rinci seputar jumlah dana yang telah disalurkan, jumlah dana yang ditarik oleh penerima, jumlah dana yang tersisa dan berapa orang penerima yang belum menarik bantuan pangannya.

(Dam)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Laksanakan Uji Kompetensi Petugas, Pemerintah Pusat Subsidikan Kawin Suntik Ternak

    WAY KANAN, newshanter.com – Sebanyak 30 orang peserta dari Empat Kabupaten mengikuti ...