Home / breaking / SANTHA BUANA, Ketua DPW APKASINDO Riau Prriode 2019-2024

SANTHA BUANA, Ketua DPW APKASINDO Riau Prriode 2019-2024

Pekanbaru, Newshanter.com
Santha Buana Kacaribu, SP., MM menjadi calon tunggal Ketua Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (DPW-Apkasindo) dalam Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) DPW Apkasindo yang digelar di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Minggu (15/9) malam.

Santha dinyatakan menjadi ketua DPW Apkasindo periode 2019-2024 setelah rivalnya, Menrizal mengundurkan diri sebagai calon ketua sebelum pemilihan dilakukan.

Menrizal adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apkasindo Kota Pekanbaru, sementara Santha, Pelaksana tugas Ketua DPW Apkasindo Riau.

Santha menjadi Plt setelah Ketua DPW Apkasindo Riau, Ir.Gulat Medali Emas Manurung, MP naik kelas menjadi Ketua Umum Dewan Pimpipinan Pusat (DPP) Apkasindo pada Munaslub di Parapat Sumatera Utara (Sumut) Maret lalu.

Sebelumnya, saat membuka Muswillub yang direncanakan akan berlangsung 15-16 September itu, Gulat berpesan kepada semua peserta Muswillub dari 12 kabupaten kota di Riau, supaya memilih ketua yang tak nafsu menjadi ketua.

Dan siapapun calon yang nanti terpilih, Gulat sangat berharap dia punya dua sifat utama. “Pertama, jadilah ketua yang punya sifat karet. Artinya, ketua yang punya sifat sabar, sabar, sabar. Lalu, jadilah ketua yang bisa merangkul, membimbing dan selalu menjadi tunjuk ajar bagi yang lain,” harap Gulat.

Dua sifat tadi kata Gulat teramat penting pada kondisi petani kelapa sawit saat ini. “Khusus di Riau, petani kelapa sawit kita didera dua persoalan pokok. Pertama, sekitar 56 persen dari total 2,2 juta hektar kebun kelapa sawit rakyat, berada di kawasan hutan,” kata Gulat.

Kondisi ini tentu akan berimbas pada tata niaga yang tak memihak petani kelapa sawit. “Suka tidak suka, dua persoalan pokok ini, musti kita beresi bersama meski ini tidak mudah. Untuk inilah dua sifat ketua tadi sangat diperlukan,” katanya.

Lalu untuk persoalan terkini, kebakaran hutan dan lahan yang sedang melanda wilayah Riau, Gulat berharap supaya para petani menjaga jengkal demi jengkal lahannya dan saling mengingatkan agar jangan membakar lahan. “Kalau ada ditemukan titik api, yuk segera kita padamkan bersama, jangan menunggu pihak lain mengurusi api di lahan kita,” pintanya.

Santha yang baru saja muncul sebagai ketua terpilih berharap kepada semua warga Apkasindo Riau, untuk saling bahu membahu memajukan organisasi.

“Segimanapun hebatnya Ketua, enggak bisa sendirian, Ketua butuh kebersamaan. Sebab kebersamaan itulah yang hebat,” katanya.(#gantra rls).

Laporan JackNho.

About Era NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Empat Warga Sumsel Tewas Diterkam Harimau, Terakhir Mustadi warga Desa Pajar Bulan Mara Enim

Muara Enim . Newshanter.com, Selama November dan Desember 2019 ini, setidaknya empat ...