Home / Lampung / Dandim 0412/LU jadi Irup dihari Pahlawan

Dandim 0412/LU jadi Irup dihari Pahlawan

LAMPUNG UTARA, newshanter.com –
Dalam Rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari Minggu 10 November 2019, Komendan Kodim (Dandim) 0412 Lampung Utara (LU), Letkol. Inf. Krisna Pribudin dipercayakan menjadi Irup upacara tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Pemda Kab. Lampung Utara, Jln Jend Sudirman Kelurahan Kota Gapura Kecamatan Kotabumi Kota, pada pukul 07:30 wib Minggu Pagi.

Dengan mengusung tema “PAHLAWAN MASA KINI YANG MEMILIKI KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA”

Selain Dandim 0412/LU, turut hadir
Dan up : Pasi. Log. Dim 0412/LU, Lettu. Inf. Ali Sutato, Paup. Kadis Sosial  Erwinsyah S.S.T.P.

Sedangkan UUD 1945 dibacakan oleh Kahar Dianto S.S.T.P, dan Pembacaan Pesan – pesan Pahlawan Nasional oleh Hariyanto.

Dengan susunan pasukan upacara Sebagai berikut, Satu Peleton Kodim 0412/LU. Satu Pleton  Polres LU. Satu Peleton Kimal LU. Satu Peleton Brimob LU. Satu Peleton Sat Pol PP LU. Satu Peleton Dishub LU. Satu Peleton BPBD LU dan Satu SSK Kopri LU.

Kegiatan itu. dihadiri Plt. Bupati Lampura, Drs Hi Budi utomo SE. MM., Plt Sekda Lampura, Hi Sopian Sp.MM., Kapolres LU, yang di wakili Kabagren Polres LU, Kompol Azwar, Kakimal LU, Letkol Laut KH .Sri Depranoto. M.BT.S.AG,M.Pd, Ka PN LU, Vivi Purnamawati SH MH, Kalapas LU, Dr Tertra destorie SH MH, Ka Rutan LU, Daniel arif SH MH, Ketua LVRI Cab LU, Hi. Saleh Ahmad, Plh Pasi Intel Dim 0412/ LU, Kapten Inf Suroto, Seluruh Kepala Badan/ Kepala Dinas Pemkab LU, Ketua KPU LU, Hi Marton SE., Seluruh Anggota LVRI Cab LU, Anggota HIPAKAD Cab Lampura.

Sebagaimana kutipan isi Amanat Menteri Sosial yang di sampaikan oleh irup upacara, Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantamg menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar”.

Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat diakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahakan nyawa. sekarang, untuk menajdi Pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemasalahatan bagi masyarakat, membawa harum nama Bangsa di mata Internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain.

Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun Negeri menuju Indonesia maju.

Saudara Sebangsa dan Setanah Air, hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat Seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa Nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan Masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu Negeri. sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan Negeri.agar Lampung Utara menjadi lebih baik.

Usai Pelaksanaan Upacara tersebut, dilanjutkan dengan Pemberian Bingkisan Tali Asih Kepada Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara.

(Dam)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    KWT Kampung Bumi Merapi siap ikuti Lomba Tingkat Provinsi Lampung

    WAY KANAN, newshanter.com – Kegiatan Wanita Tani (KWT) Kampung Bumi Merapi, Kecamatan ...