Home / breaking / Ruhiyat Akui Kebakaran Diluar HGU Perusahaan

Ruhiyat Akui Kebakaran Diluar HGU Perusahaan

Kayuagung (OKI), Newshanter.com – Kebakaran yang terjadi pada sabtu kemarin (2/11/2019) menurut manager kebun PT. Rambang Agro Jaya Ruhiyat insiden kebakaran sejak Pukul 15.23 WIB tersebut jauh dari lokasi HGU.

Hal tersebut dikatakannya berdasarkan laporan dari para pegawainnya, dalam laporan pegawai tersebut saat itu angin cukup kencang hingga kobaran api semakin meluas, dengan panjang kepala api mencapai 200 meter terus mengarah ke HGU perusahaan kita. Namun bukan berarti, lahan tersebut milik kita,” jelasnya didampingi Humas Efran di Kantor PT RAJ Sepucuk Kayuagung, Senin (4/11/2019).

Kronologis kebakaran pertama kali diterimanya dari posko pemantau api yang diteruskan ke posko pusat. Saat itu, terpantau lokasi kebakaran dalam jarak pandang hanya sekitar 200 meter dari HGU perusahaan,

“Mungkin dengan jarak tidak begitu jauh dari titik kebakaran, menimbulkan spekulasi bahwa lahan tersebut dalam penguasaan kami,” terangnya.

Kendati bukan berada di areal perkebunan milik perusahaannya. Namun menurut Rohiyat, dirinya bersama Ketua TKTD terjun langsung kelapangan. Awalnya pihaknya menerjunkan Tim RPK perusahaan dibantu Tenaga Harian Lepas 10 personel,

“Mengingat potensi kebakaran akan meluas, kami terjunkan kembali 30 personel untuk melakukan pemadaman serta pembasahan di areal kebakaran. Selanjutnya 15 personel lainnya kembali diterjunkan ke area kebakaran dengan dipenuhi asap yang membumbung tinggi ke udara,” ujarnya

Disambungnya, Tim TKTD berusaha mempersempit meluasnya area kebakaran dengan peralatan milik perusahaan. Menurut Rohiyat, sedikitnya 7 unit mesin pompa termasuk Waterak, dan peralatan lainnya turut diterjunkan.

“Dengan kekuatan penuh 55 personel dikerahkan untuk melokalisir pemadaman kebakaran. Hingga siang tadi, api disertai angin kencang cukup menyulitkan petugas. Akan tetapi, pemadaman bersama regu damkar lainnya terus dilakukan, sebagai antisipasi api menjalar hingga menyasar HGU perusahaan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Satuan Pol PP Alexsander Bustomi melalui Kabid PBK Syawal Harahap mengatakan sepengetahuan dirinya bahwa lokasi kebakaran yang dimaksud memang berada diluar HGU milik perusahaan perkebunan sawit tersebut. Ia mengungkapkan, pihaknya sudah sejak siang hari berada di lokasi kebakaran untuk bergabung dengan tim lainnya

“Berdasarkan laporan regu damkar tersebut, areal kebakaran memang bukan di lahan milik PT Rambang, melainkan lahan gambut milik masyarakat, persisnya dibelakang area pemukiman Seriang Kuning,” tandasnya. (Salim)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puslitbang Polri Adakan Penelitian di Polres Kampar tentang Dampak Pilkada Langsung

    KAMPAR, newshanter.com – Senin (11/11/2019), Tim Puslitbang Polri adakan penelitian tentang Dampak ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 11-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC