Home / breaking / Novermal Mengklarifikasi Atas Pemberitaan yang Diduga Tidak Berimbang

Novermal Mengklarifikasi Atas Pemberitaan yang Diduga Tidak Berimbang

Pesisir Selatan, NewsHanter.com
Anggota DPRD Pesisir Selatan Novermal mengklarifikasi atas pemberitaan media online Sumbartoday.co.id yang berjudul “Diduga Orang Suruhan, Novermal Anggota DPRD Pessel Intervensi Pemred Sumbartoday.co.id, Minggu (04/11/19).

Pemberitaan ini tidak berimbang, memuat opini yang menghakimi dan menyerang nama baik dan kehormatan saya, ucap Novermal.

Dikutip dari akun Facebook Novermal Yuska, Terkait berita tersebut, Novermal menjelaskan sebagai berikut:
1. Saya sangat menyesalkan sikap Pemimpin Redaksi Sumbartoday.co.id, Yenni Laura yang menilai saya sebagai “Orang Suruhan” dan “Orang Bagak” dalam pemberitaannya terkait persoalan pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH atau PLTA mini) di Nagari Pelangai Gadang Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Karena, penilaian tersebut tidak berdasar dan sangat tendensius, serta menyerang nama baik dan kehormatan saya.

2. Penilaian yang tidak objektif sebagai mana yang dimaksud poin 1, saya nilai wajar terjadi, karena Yenni Laura sebagai wartawan yang menjabat sebagai Pemimpin Redaksi dan Penanggungjawab Redaksi media siber Sumbartoday.co.id TIDAK KOMPETEN sebagai wartawan, yang mestinya harus memiliki sertifikat kompetensi Wartawan Utama dan terdaftar di Dewan Pers. Karena, setelah disearcing di Web resmi Dewan Pers, Yenni Laura tidak terdaftar sebagai wartawan kompeten.

3. Pemberitaan yang tidak berimbang dan memuat opini yang menghakimi yang dibuat media siber Sumbartoday.co.id saya nilai juga wajar terjadi, karena setelah disearcing di Web resmi Dewan Pers, media ini juga tidak terdaftar sebagai media siber yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual.

4. Dengan tidak terdaftarnya Yenni Laura, Pemred/Penjab Redaksi sebagai wartawan kompeten dan media siber Sumbartoday.co.id sebagai media yang telah terverifikasi secara administrasi dan faktual di Dewan Pers, tindakannya bisa dikategorikan sebagai tindak pidana pencemaran nama baik dan fitnah terhadap saya yang diberitakannya.

5. Saya mengontak nomor handphone (Hp) dan berkirim pesan di WA redaksi Sumbartoday.co.id 0813743636xx, karena saya dimintai tolong oleh kawan saya di manajemen PT Dempo yang merasa dirugikan oleh pemberitaan Sumbartoday.co.id yang berjudul: Tak Kunjung Terjawab, Aksi Tambang Pelangai Gadang Terus Menggeliat.

6. Saya mau mengontak redaksi Sumbartoday.co.id supaya ada komunikasi dengan manajemen PT Dempo, karena berita yang dibuatnya tersebut, saya nilai tidak berimbang dan memuat oponi yang menghakimi.

7. Berikut kronilogis komunikasi saya dengan Yenni Laura Pemred/Penjab Sumbartoday.co.id:
– Tanggal 31 Oktober 2019 pukul 16.26 WIB, saya kontak nomor Hp Redaksi Sumbartoday.co.id 0813743636xx, tapi tidak diangkat dan saya ulang beberapa kali.

– Karena ditelpon tidak diangkat, pukul 16.55 WIB saya kirim pesan ke WA-nya, berbunyi: Assalamulaikum Wr Wb… Selamat sore… Izin bicara bapak ibu redaksi… Saya Novermal, anggota DPRD Kabupaten Pessel. Tks.

– Pukul 19.12 WIB, telpon saya diangkat oleh seorang perempuan yang mengaku bernama Yenni Laura Pemred/Penjab Sumbartoday.co.id dan saya jelaskan maksud dan tujuan saya, bahwa manajemen PT Dempo menunggu wartawan Sumbartoday.co.id di lokasi proyek untuk mengklarifikasi pemberitaan yang dibuatnya dan akan menjelaskan apa yang mereka kerjakan di sana dan hubungannya dengan masyarakat setempat. Yenni Laura yang mengaku sedang di luar daerah berjanji akan membaca berita dimaksud dan akan meminta penjelasan wartawannya.

– Pukul 19.20 WIB, saya kirimkan link berita dimaksud ke WA tersebut, Tak Kunjung Terjawab, Aksi Tambang Pelangai Gadang Terus Menggeliat, berikut copy beritanya.

– Selanjutnya saya kirim lagi: Izin buk Pemred, mestinya wartawan ibuk mewawancarai Walinagari dan Camat setempat terkait persoalan yang dikeluhkan masyarakat, dan manajemen PT Dempo terkait kegiatan yang mereka lakukan.

“Biar beritanya berimbang dan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap”, ungkap Novermal Yuska.

Besok wartawan ibuk ditunggu manajemen PT Dempo di lokasi proyek. Biar dijelaskan apa yang mereka kerjakan. Tks.

– Pukul 20:20 WIB, Yenni Laura menelpon saya menanyakan saya siapa. Setelah saya jelaskan bahwa saya Novermal yang nelphone tadi, dia mengakhiri pembicaraan.

8. Saya meminta wartawan Sumbartoday.co.id bisa bertemu dengan manajemen PT Dempo di lokasi proyek PLTMH tersebut, karena wartawan tersebut wajib melayani hak jawab orang yang diberitakannya. Hak jawab itu bisa tertulis dan bisa pula dengan penjelasan langsung. Manajemen PT Dempo ingin menjelaskan secara langsung apa yang mereka kerjakan di sana.

9. Undang Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik mengamanatkan, bahwa dalam membuat berita, wartawan wajib mengkonfirmasi pihak terkait supaya berita yang dibuat tersebut berimbang dan sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Dan, wartawan dilarang keras memuat opini yang menghakimi dalam pemberitaannya.

Tentang PT Dempo di Pelangai Gadang

Dari informasi yang saya dapat dari Dinas ESDM dan Dinas PM-PTSP Provinsi Sumbar, kegiatan PT Dempo di Pelangai Gadang adalah membangun PLTMH atau PLTA mini. Izin yang dikeluarkan Pemerintah adalah izin PLTMH. Tidak ada izin tambang emas. Dan, di Pelangai Gadang tidak ada kandungan emas yang layak ditambang.

Supaya masyarakat Pelangai Gadang mendapat manfaat selama pembangunan PLTMH tersebut, saya menjembatani Walinagari, Bamus, BUMNag dan tokoh masyarakat setempat bertemu manajemen PT Dempo di Padang. Disepakati apa yang bisa dikerjakan masyarakat, PT Dempo akan memberikan pekerjaan tersebut ke masyarakat.

Khusus kebutuhan material galian C, saya memfasilitasi BUMNag Aie Tajun milik nagari Pelangai Gadang bisa menambang material galian C yang ada di sungai Pelangai Gadang secara resmi. Saya memajukan BUMNag, supaya uang yang dihasilkan dari penambangan tersebut bisa masuk ke kas pemerintah nagari dan nantinya Walinagari bisa menggunakannya untuk pembangunan nagari. Kini izin tambang tersebut sedang diproses di Dinas PM-PTSP Provinsi Sumbar.

Setelah PLTMH tersebut beroperasi, saya juga sudah memfasilitasi supaya ada bagi hasil untuk nagari sebagai pendapat nagari yang bisa digunakan untuk pembangunan nagari. Dan, ini sudah ada titik temu, dan tinggal membuat kesepakatan tentang nominal dan realisasinya.

“Demikian klarifikasi ini saya buat untuk meluruskan informasi negatif yang merugikan nama baik dan kehormatan saya yang dibuat Sumbartoday.co.id”, tutur Novermal. (Tim)

About Robbie

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puslitbang Polri Adakan Penelitian di Polres Kampar tentang Dampak Pilkada Langsung

    KAMPAR, newshanter.com – Senin (11/11/2019), Tim Puslitbang Polri adakan penelitian tentang Dampak ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 11-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC