Home / breaking / Diduga Bekingi PT Dempo, Oknum Anggota DPRD Pessel Ancam Pempred Sumbartoday.co.id

Diduga Bekingi PT Dempo, Oknum Anggota DPRD Pessel Ancam Pempred Sumbartoday.co.id

Pesisir Selatan, NewsHanter.com – Bukannya memihak kepada warga Pelangai Gadang serta menyampaikan aspirasi keresahan ketidakadilan yang dialami masyarakat setempat, oknum anggota DPRD Pesisir Selatan (Pessel) ini mulai cari pamor dan sensasi dalam menunjukan taringnya dalam membekingi usaha tambang PT. Dempo yang ada di Pelangai Gadang, Kec. Ranah Pesisir, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Berdasarkan kebenaran beserta fakta di lapangan dan berbagai informasi dari masyarakat Pelangai Gadang, orang yang diduga bagian dari PT. Dempo ini meneror wartawan karena memberitakan aktifitas yang dilakukan PT. Dempo di Pelangai Gadang. PT. Dempo merasa terancam karena seringnya media mempublikasikan tentang perkembangan yang dikerjakan di Hulu Pelangai.

“Ancaman melalui telepon seluler itu datang ketika salah satu tulisan wartawan yang berjudul ‘Tak Kunjung Terjawab Aksi tambang Pelangai Gadang Kian Menggeliat’ terbit di portal Media Online Sumbartoday.co.id”, terang Yenni Laura sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) Sumbartoday.co.id.

Tulisan tersebut diterbitkan media karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai pekerjaan dilakukan PT. Dempo yang sudah melenceng. Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidrolik (PLTMH) selama tiga tahun belakangan ini belum juga melihatkan tanda-tanda. Masyarakat juga resah mengenai beredarnya foto aksi penambangan batu yang dilakukan oleh pekerja dari PT. Dempo itu sendiri di Hulu Pelangai Gadang.

“Aksi teror mafia tambang di Pelangai ini tidak akan menghentikan media begitu saja sebelum kebenaran terbongkar. Ancaman terhadap pemburu berita ini tidak bisa dibiarkan, semakin kerja wartawan dihalangi oleh berbagai mafia bahkan aparat pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Selatan, maka akan semakin berjuang wartawan membuka kebobrokan di Nagari Pelangai Gadang,” tegas Yenni Laura, Sabtu (02/11/19).

Terror ataupun ancaman terhadap wartawan merupakan suatu bentuk ancaman kebebasan berpendapat informasi, bentuk penjengalan keterbukaan informasi publik. Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers pasal 4 di dalam ayat 1 disebutkan bahwa Kemerdekaan Pers dijamin sebagai Hak Asasi Warga Negara, ayat kedua bahwa terhadap Pers Nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredalan atau pelarangan penyiaran, ayat ketiga bahwa untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi dan ayat keempat bahwa dalam memepertanggungjawabkan pemberitaan di depan hukum, wartawan mempunyai Hak Tolak bahkan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 disebutkan antara lain dalam pasal 28F bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan memyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Dikutip dari pesan via WhatsApp oknum anggota DPRD Pessel yang bernama inisial NY dari partai PAN mengatakan, “Izin buk Pemred, mestinya wartawan ibuk mewawancarai Walinagari dan Camat setempat terkait persoalan yang dikeluhkan masyarakat dan manajemen PT. Dempo terkait kegiatan yang mereka lakukan. Biar beritanya berimbang dan masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap. Besok wartawan ibuk ditunggu manajemen PT. Dempo di lokasi proyek. Biar dijelaskan apa yang mereka kerjakan”, tutur NY.

“Semuanya sudah jelas, kalau yang diberitakan perihal keluhan warga disana, mau konfirmasi ke walinagri serta camatpun diduga tidak akan berani berikan jawaban yang sebenarnya, jadi dimananya salah, sedangkan tugas kami sebagai Pers sudah jelas tentang Keterbukaan Informasi Publik, nah, tiba-tiba saja ada oknum anggota DPRD Pessel membantah, kalau yang disampaikan itu tidak berimbang,” tambah Pemred.

Dalam aksi terror dari berbagai mafia suruhan PT. Dempo ini, kepolisian harus menindak tegas aparatnya jika suatu ketika ada keterlibatan dalam aksi intimidasi terhadap wartawan, begitu juga dengan aparat pemeritah daerah yang terlibat, dan menjadi beking pengusaha penambangan yang dilakukan oleh PT. Dempo. (Tim)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puslitbang Polri Adakan Penelitian di Polres Kampar tentang Dampak Pilkada Langsung

    KAMPAR, newshanter.com – Senin (11/11/2019), Tim Puslitbang Polri adakan penelitian tentang Dampak ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 11-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC