Home / breaking / Kurir Ganja 106 Kg Siap Edar, Hanya Divonis 20 Tahun Penjara

Kurir Ganja 106 Kg Siap Edar, Hanya Divonis 20 Tahun Penjara

Palembang,Newshunter.com,-
Riskiansyah alias Riski bin Margono dan Mujianto (Berkas terpisah) dua terdakwa dengan barang bukti 106 kg ganja siap edar bisa sedikit bernafas lega usai terbebas dari hukuman mati yang menghantuinya.

Riski dan rekannya dimuka sidang hanya dijatuhi pidana 20 tahun penjara oleh majelis hakim PN klas 1A khusus palembang, putusan itupun lebih rendah dari tuntutan JPU Shelly SH yang sebelumnya menutut terdakwa dengan hukuman seumur hidup.

Terdakwa oleh majelis hakim dinyatakan bersalah melanggar pasal 114 ayat 2 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika, berbunyi, Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 1 (satu) kilogram atau melebihi 5 (lima) batang pohon atau dalam bentuk bukan tanaman beratnya 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga)
Atas vonis tersebut, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya dari posbantuan hukum PN palembang Advokad Rustini SH menyatakan langsung menerima putusan tersebut, sementara jaksa menyatakan banding.

Diketahui, bermula pada hari Senin Tanggal 29 April 2019 sekira jam 09.00 wib, Tim dari Diresnarkoba Polda Sumsel mendapatkan informasi bahwa ada laki-laki yag akan menuju Jakarta dengan mengendari kendaraan FUSO warna hijau dengan Nomor Polisi K 1435 RH, dimuati oleh narkotika jenis ganja.

Kemudian Kasubdit memerintahkan mencari keberadaan kendaraan tersebut, lalu anggota kepolisian melakukan penyelidikan untuk menemukan kendaraan yang diinformasikan, Selanjutnya Tim dari Ditresnarkoba Polda Sumsel menunggu di pinggir jalan lintas Sumatera Palembang-Jambi, hingga jam 13.00 wib Tim dari Ditresnarkoba Sumsel melihat mobil Fuso yang dimaksud kemudian dilakukan pemberhentian terhadap mobil tersebut.

Ada dua orang yang berada didalam mobil Fuso tersebut yaitu Terdakwa Risky dan saksi mujianto (Berkas terpisah) terlihat gugup maka terhadap dua orang tersebut dilakukan Penggeledahan terhadap badan dan mobil yang dikendarai oleh Terdakwa.

Sebelumn akhirnya ditemukan 6 (enam) buah karung yang didalamnya berisikan 99 (Sembilan puluh Sembilan) Bal Narkotika jenis ganja dengan berat bruto 106 Kg (seratus enam kilogram).
Menurut terdakwa, barang haram tersebut madalah milik Abu (DPO), sementara ia dan rekannya hanya bertugas mengantar dan menerima barang dari daerah tamiyang aceh
akan diantarkan dan diserahkan ke daerah Jakarta dengan mendapatkan upah sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah).(zam)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puslitbang Polri Adakan Penelitian di Polres Kampar tentang Dampak Pilkada Langsung

    KAMPAR, newshanter.com – Senin (11/11/2019), Tim Puslitbang Polri adakan penelitian tentang Dampak ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 11-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC