Home / SUMSEL / Banyuasin / Peringatan Hari Santri Nasional, Ponpes Darul Ulum Pulau Rimau Gelar Bermacam Lomba
Santri mengikuti kirab pada kegiatan Festival Santri diPonpes Darul Ulum , Minggu (20/10/2019). Peringatan Hari santri Nasioanal di Kecamatan Pulau Rimau dan selat Penungguan Kabupaten Banyuasin, dikemas dalam agenda Darul Ulum dan BKPRMI Menggelar dengan bermacam kegiatan pawai melibatkan 11 ribu santri

Peringatan Hari Santri Nasional, Ponpes Darul Ulum Pulau Rimau Gelar Bermacam Lomba

Banyuasin, Newshanter, Com  – Memperingati Hari Santri Nasional,  jatuh pada Selasa tanggal 22 Oktober 2019,  Untuk memperingati Hari Santri ini, Yayasan pendidikan Islam dan Pondok Pesantren Darul Ulum Pulau Rimau dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia(BKPRMI) Kecamatan Pulau Rimau menyelenggarakan beragam kegiatan diantaranya Karnaval, lagu dan yeyel Santri, Hadroh, Hafalan surat-surat Pendek, Dinul Islam, serta doa-doa.

KH Ali Mahmudi SH, MSi Ketua Yayasan Ponpes Darul Ulum besrta DPW Sumsel BKPRMI Sumsel dan para ustad /ustadzah Gelar Upaca Hut Hari sanri Nasional ke-5 dihalam Ponpes Darul Ulum kecamatan Pulau Rimau kab, Banyuasin,Sumsel( foto.Heri)

Kegiatan yang dipusatkan di Ponpes Darul Ulum, Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Pulau Rimau dihadiri langsung Pengasuh Ponpes dan Ketua Yayasan Darul Ulum Pulau Rimau, Ustadz H Ali Mahmudi SH, M.Si dan juga Anggota DPRD Banyuasin, Politisi Partai demokrat dari kecamatan Pulau Rimau,  BKPMRI DPW Sumsel Ustadz Syamsul Rizal S.I.P, Ketua DPD BKPMRI Banyuasin Ustadz Ardiliyan, SP.d, MPd, DPC kecamatan Ustadz Wahono dan Ustadz Syaifudin. Perwakilan Pemerintah kecamatan Pulau Rimau, Perwakilan Polsek, Danramil dan kepala desa Sumber Mulyo, Hadi Mulyo. Serta tamu undangan.

Kegiatan ini diawali dengan upaca peringatan yang di pimpin oleh K H Ali Mahmudi SH, M.Si, Pengasuh Ponpes dan Ketua Yayasan Darusl Ulum Pulau Rimau mengatakan kegiatan  ini diselenggarakan sebagai wujud syukur atas pengesahan Undang-Undang Pesantren beberapa waktu lalu, dan untuk keselamatan bangsa. Pada tanggal 15 Oktober 2015, Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan Hari Santri Nasional itu dinilai untuk menghargai jasa para santri yang terlibat dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional karena menjadi tanggal bersejarah, yakni ketika pendiri NU, Hadratus Syaikh Hasyim Asya’ri, memaklumatkan fatwa yang monumental, yang disebut dengan Resolusi Jihad. Fatwa itu menginspirasi perlawanan masyarakat terhadap Pasukan Sekutu (NICA) pada tanggal 10 November 1945. Inti dari fatwa ini ialah membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain (wajib) bagi setiap individu.

lanjutnya juga, mengucapkan terima kasih kepada seluruh unit ustadz/ustadzah TK/TPA/ yang hadir dalam kegiatan hari santri ke-5, memang tidak mudah untuk memdidik anak-anak, tapi saya bangga karena ustadz, ustadzah dengan sabar dan ikhlasnya mendidik anak santri TK/TPA dan untuk santri perbanyak hafalan surat-surat pendek doa harian dan menghargai jasa para santri serta memotipasi para santri menjadi garda terdepan, mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai ajaran  Agama Islam sesuia terkandung di dalam Alquran dan Hadist.

Ketua DPW BKPRMI Sumsel, Ustad Samsul Rizal, Sp, mengucapkan terimakasih pada kyai Ali Mahmudi setiap tahun memperngati hari santri setiap tahun ada peningkatan, tahun ini ada festival hadroh.

Samsul berharap, para sanri tetap semangat dalam mengali ilmu di ponpes tersebut, dan juga pada DPC BKPRMI Kecamatan Pulau Rimau selamat dan sukses atas mengelar hari Santri ini.

Senada juga DPK PKPRMI Kecamatan Pulau Rimau, Ustadz Wahono bahwa setiap kegiatan BKPRMI di pulau rimau dan Selat Penungguan selalu aktip memyampaikan ke BPKPRMI DPD dan DPW, bahkan kami selai kegiatan hari sanrti nasional akan mengadakan kegiatan Munagosah santri tanggal 27 oktober 2019 mendatang.

Kemudian pemerintah kecamatan diwakili oleh kepala desa Sumber mulyo, Hadi Mulyo mengatakan selaku pemetintah desa sangat bangga dan terharu dengan  kegiatan para santri ini yang dihadiri ribuan santri TK/TPA semoga para sanrti menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

ketua pelasana Peringatan Hari santri Nasional di Ponpes darul Ulum , Pulau Rimau Ustad Anis Sulyadi

Kemudian ketua pelaksana Ustad Anis Sulyadi selaku ketua pelasana saat disambangi  mengucapkan terima kasi  atas selurh ustad dan ustadzah atas kerjasama dalam kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar  dan sukses antusias para santri dan wali santri  dalam  berbagai pertunjukan kesenian yang di tampilkan oleh para santri dari Pondok Pesantren Darut Ulum. (heri)

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pemprov Bengkulu Launching Kawasan Ekosistem Essensial Gajah Sumatera Lanskap Seblat

    Bengkulu. Newshanter.com – Bertempat di Halaman Kantor DLHK Provinsi Bengkulu Asisten II ...