Home / SUMSEL / Musi Banyuasin / Kecamatan Lais Bentuk Tim Patroli Cegah Karhutlah
Rapat Tim Patroli Karhutlah Kecamatan Lais.

Kecamatan Lais Bentuk Tim Patroli Cegah Karhutlah

Musi Banyuasin, Newshanter.Com – Unsur Tripika Kecamatan Lais membentuk Tim Patroli terpadu kebakaran hutan dan lahan sebagai bentuk kesiapsiagan dalam menanggulangi bencana kabut asap diwilayah kecamatan Lais. Kabupaten Musi Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan.

Dalam pembentukan tim ini dipimpin Langsung oleh Camat Lais, Drs Deni Sukmana, MSi, , Kapolsek AKP Syafarudin, Danramil 401-03/Sekayu, kapten inf. Hermanto. Kesbangpol, Drs Firman Tinus , UPT disbun., Roizin, PTPN 7 Unit Betung , Agus Lasmono, Pt. MEDCO EP, dan Para kepala Desa.

Di bentuknya Tim Patroli terpadu karhutlah, sebagai upaya melakukan pemantauan disejumlah desa yang dianggap rawan terjadi kebakaran,  “ sejauh ini ada 2 desa , desa danau cala dan desa rantau keroya yang ada dikecamatan lais  sudah seminggu ini terjadi kebakaran saat musim kemarau, jadi nantinya tim bertugas memantau dan melakukan pencegahan serta penanganan, “ kata Camat Deni Sukman .

Lanjutnya,  Pemadaman asap itu bersama sama dengan perusahaan, kades dan kecamatan termasuk tim dari kodim , polsek. Di sana sudah banyak Lahan terbakar,  sebenarnya kalau lihat luasan di sana itu berdasarkan tapal batas,  masuk desa danau cala kabupaten muba,  namun kita  saat ini bukan masalahkan  tapal batas yang penting dua perusahaan perkebunan yaitu Perusahan RJM sama Proteksindo  yang ada titik api di sana segera dipadamkan.

“  kita akan berkoordinasi  dengan pemerintah desa disana bersama -sama petugas  untuk memadamkan api termasuk desa desa yang terdekat seperti desa petaling, desa teluk kijing dan epil, berharap kalau bisa dalam waktu akhir September ini jangan lagi ada asap sehingga udaranya seger sejuk enak,” ujarnya

Setelah Survey, besok mulai start dijadwal pagi jam 07 :00 wib selesai jam 16:00 Wib,  kita buat sistemnya jadi terkontinyu, mulai logistik, transportasi dan personil  sudah siap semua,” bebernya.

Senada juga  dengan yang  dikatakan Kapolsek Lais, AKP, .Syafaruddin , bahwa karena  tim karhutlah kecamatan telah dibentuk koordinasi para kades dan perusahaan yang ada medco dan PTPN 7 dan minta peduli bersama sama untuk mengatasi karhutlah.

khususnya yang di lahan gambut danau cala yang secara geografis masih terbatas atau masih ada batas wilayah dengan kabupaten Pali. tapi kita peduli bukan perbatasan yang kita bahas,  tapi api atau asapnya bisa teratasiatasi.

dari Polsek sudah memberikan himbauan dan sosialisasi terus, dan sementara di polsek Lais  kita anggap aman Karhutlah  tapi ada di perbatasan sana masyarakat semua sama sama menjaga Karhutla bergotong royong bersatu padu untuk menyelamatkan negeri ini dari asap , Himbauan maklumat dari pimpinan gubernur pangdam dan kapolda dapat kita patuhi bersama,” tegasnya.( Heri)

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    PEMBANGUNAN MASJID AL-IKHLAS DI LEMBAH SARI Lama Terbengkalai, Dianggarkan Rp1 M

    PEKANBARU- Newshanter.com Harapan masyarakat Kelurahan Lembah Sari, Rumbai Pesisir (Rumpes), Pekanbaru agar ...