Home / breaking / Komitmen EBT, PLN UIW Sumbar Jalin Kerjasama Operasi dengan PLTBm Pulau Siberut

Komitmen EBT, PLN UIW Sumbar Jalin Kerjasama Operasi dengan PLTBm Pulau Siberut

Mentawai, NewsHunter.com – Sebagai salah satu daerah yang termasuk kategori 3T (terdepan, tertinggal, terluar) Kabupaten Kepulauan Mentawai memang senantiasa mendapatkan perhatian dari Pemerintah, baik Pusat maupun Daerah. Tidak terkecuali untuk pengembangan kelistrikan di kepulauan yang sudah terkenal akan keindahan nya tersebut, Selasa (17/09/2019).

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat bersama dengan Bappenas dan Pemerintah Daerah Kepulauan Mentawai meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) yang berlokasi di Pulau Siberut.

Keberadaan PLTBm tersebut diawali dengan hibah MCC (Millenium Challenge Corporation) yang dikelola oleh Bappenas hingga akhirnya diserahterimakan sebagai hibah untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Berdiri di 3 desa, Saliguma, Matotonan, dan Madobag, PLTBm tersebut merupakan jawaban atas penantian warga selama ini untuk mendapatkan aliran listrik. PLTBm dengan total daya 700Kw yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Kemakmuran Mentawai ini dijalankan dengan pola excess power kerjasama dengan PLN Sumbar. Berkat keberadaannya, 1233 Kepala Keluarga akhirnya bisa menikmati listrik.

Direktur Bisnis Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto dalam sambutannya menjelaskan bahwa dengan adanya PLTBm di Pulau Siberut maka Rasio Elektrifikasi PLN di Mentawai naik 5,45% ke angka 51,82% “untuk memperkuat kehandalan sistem, Kedepannya PLN akan menginterkoneksikan PLTBm Madobag ke PLTD Meileppet dan PLTBm Matotonan dengan PLTD Peipei. Untuk mewujudkan mimpi kami tersebut, tentu kami memerlukan dukungan dari Pemerintah Daerah berupa perbaikan infrastruktur jalan yang menghubungkan lokasi keduanya” tambah Wiluyo.

Lebih lanjut Wiluyo juga menjelaskan bahwa kerjasama operasi dengan PLTBm di Pulau Siberut ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk senantiasa mendukung green energy dan mencari sumber-sumber baru untuk pembangkit yang berbasis energi baru dan terbarukan (EBT).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Menteri BPPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. Dalam sambutannya Kepala Bappenas menekankan bahwa hibah ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah terhadap kemajuan daerah-daerah 3T yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini, PLN UIW Sumbar secara simbolis juga menyerahkan CSR senilai 406 juta rupiah dalam bentuk Pasang Baru Gratis, soundsystem dan bantuan buku bacaan bagi masyarakat di 3 desa tersebut. Di hari yang sama, PLN melalui anak perusahaan-nya, PT ICON+ juga menyambung internet di Desa Saliguma. Program Internet Pedesaan yang diberi nama Ides Café tersebut merupakan langkah awal menuju internet rakyat yang diharapkan dapat meningkatkan rasio internetisasi dan konektivitas di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang belum terjangkau oleh jaringan internet.

Gubernur Sumbar, yang diwakili oleh Wakil Gubernur, Nasrul Abit dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bappenas dan PLN yang telah tidak pernah lelah berusaha untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Kepulauan Mentawai.

“Saya mewakili pemerintah daerah dan masyarakat kepulauan Mentawai mengucapkan Terima kasih kepada PLN dan Bappenas atas upayanya untuk melistriki seluruh pulau di Kepulauan Mentawai ini. Semoga dengan hadirnya PLTBm ini, perekonomian dan kualitas hidup masyarakat kami pun meningkat”, ucap Nasrul Abit.

Di masa mendatang PLN Sumbar akan terus berupaya untuk melistriki daerah-daerah terluar di Provinsi ini. Dengan sinergi dan kerjasama antara PLN dengan Pemerintah, semoga mimpi untuk melistriki negeri ini hingga ke batas terluar segera menjadi kenyataan, tutur Nasrul Abit. (Robbie)

About Robbie

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puluhan Warga Duafa Limbungan Menunggu Kedatangan Tim Jumat Barokah Terpadu

      Pekanbaru, Newshanter.com. Kegiatan kunjungan Tim Jumat Barokah Terpadu Polresta Pekanbaru hari ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 10-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC