Home / breaking / Ricuh, Sidang Putusan Niko Ditunda

Ricuh, Sidang Putusan Niko Ditunda

Palembang, Newshanter.com – Suasana diruang sidang cakra Pengadilan Negeri (PN) Palembang Kelas 1-A Khusus Sumatera Selatan (Sumsel) tiba – tiba terdengar suara ricuh dengan teriakan, perdebatan, ejekan, hinaan bahkan nyaris adu jotos.

 

Pantauan media ini, terlihat seorang pria diduga oknum pengacara diluar ruang sidang berusaha menerobos masuk keruang sidang sambil berteriak yang dihalangi petugas kejaksaan.

 

Sedangkan, suasana didalam ruang sidang terlihat terdakwa duduk dikursi pesakitan yang didampingi puluhan Penasihat Hukum (PH) nya yang diantaranya sedang berdebat, saling ejek bahkan saling hina dengan kuasa hukum korban yang duduk sedangkan disebelahnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nina Lestariana SH berusaha untuk menenangkan dan melerainya.

 

Berkat kesigapan pihak pengamanan kejaksaan, PN dan kepolisian kericuhan berhasil diredam.

 

Dinilai suasana kurang kondusif, pihak PN melalui majelis hakim anggota, Bagus Irawan SH MH memerintahkan pihak pengawalan tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) agar sidang dipindahkan digelar diruang sidang tipikor.

 

Suasana ini diketahui menjelang persidangan Terdakwa Niko Ismir SH saat akan menjalani persidangan dengan agenda putusan, Rabu  (11/09/2019).

 

Usai sidang, salah satu team PH terdakwa melalui Ketua DPC AAI Palembang, Iswadi Idris SH membenarkan, sidang ditunda satu pekan, katanya.

 

Ditanya, apa alasan majelis menunda persidangan? kalau penundaan sepenuhnya kewenangan Majelis Hakim dan bisa konfirmasi ke hakim langsung, jawab Iswadi.

 

Disinggung, selaku tim kuasa hukum terdakwa, keberatan tidak dengan penundaan sidang? Waktu sidang tim PH tidak menyampaikan keberatan, katanya.

 

Disoal, apa benar menjelang sidang diruang sidang Cakra PN Palembang telah terjadi perdebatan yang nyaris ricuh antara tim kuasa hukum terdakwa dengan kuasa hukum korban?

 

Iswadi membenarkan, iya.. karena ada yang menyerang tim kuasa hukum terdakwa yang sedang menunggu jadwal sidang dan bersiap- siap untuk sidang serta menjalankan profesi advokat diruang sidang.

 

Ditanya, siapa yang menyerang tim kuasa hukum terdakwa? Defi Sepriadi Iskandar, jawab Iswadi.

 

Disoal, siapa korbannya dan bagaimana kronologis kejadiannya? sangat disayangkan, Iswadi enggan menjelaskannya.

Sedangkan, kuasa hukum korban, advokat Defi Iskandar SH menceritakan, berawal dirinya dijadwalkan akan sidang praperadilan diruang sidang cakra sesuai petunjuk Panitera Pengganti (PP). Lalu Defi masuk keruang sidang cakra yang kebetulan diruang sidang tersebut telah dipenuhi puluhan tim kuasa hukum dari terdakwa Niko, katanya.

 

Setelah dirinya masuk keruang sidang cakra. menurut Defi, salah satu tim kuasa hukum Niko diduga Novi keberatan dirinya masuk ke ruang sidang tersebut dengan alasan mereka duluan yang masuk dan duduk diruang sidang tersebut, katanya.

Dengan kejadian ini, ia merasa terhina, langkah hukum Defi akan melaporkan para oknum pengacara tersebut berikut bukti-bukti yang dimilikinya, bebernya.

Sementara, Humas PN Palembang, Hotnar Simarmata SH MH membenarkan, sidang ditunda satu pekan untuk agenda putusan, singkatnya.

 

Disoal, apa sebabnya ditunda? sangat disayangkan, Hotnar enggan mengomentarinya. (yn)

 

Caption : Suasana didalam ruang sidang terlihat terdakwa Niko duduk dikursi pesakitan yang didampingi puluhan PH nya yang diantaranya sedang berdebat, saling ejek bahkan saling hina dengan kuasa hukum korban yang duduk sedangkan disebelahnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nina Lestariana SH berusaha untuk menenangkan dan melerainya.(foto yn)

About Era NHO

x

Berita Lain

Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan simulasi pengangkatan Keramba Jaring Apung ( KJA ) Danau Maninjau

Agam, News Hanter.com- Komandan Kodim 0304/Agam Letkol lnf Victor Andhika Tjokro, SIp ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 09-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC