Home / breaking / Tim P2TP2A Tanah Datar Studi Banding Ke Dumai

Tim P2TP2A Tanah Datar Studi Banding Ke Dumai

Tanahdatar. Newshanter.com. Sebanyak 20 orang anggota P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kabupaten Tanahdatar lakukan studi banding ke Dumai Riau, Baru Baru ini. Tim anggota P2TP2A tersebut dipimpin  Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Tanahdatar Yuhardi, Kabid PPKPA Sum Sum Horda dan Ketua P2 TP2A Dra Hj Mursidah

Studi banding tersebut untuk melihat dari dekat pengeloloaan Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Dumai yang dilaksanakan oleh UPT PPA Dumai.

Kepala Kepala Dinas PPPA Kota Dumai, Dameria, SKM dalam pertemuan dengan tim dihadiri Ketua Bappeda Dumai Muhammad Syafei dan Kepala dinas Perikanan Dumai serta anggota dan Kepala UPT PPA Dumai.

Mengatakan angka kekerasan dalam rumah tangga terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahun tidak hanya dalam Bentuknya kekerasan fisik, melainkan juga psikis, seksual, penelantaran, dan eksploitasi. Pelakunya pun bukan hanya orang luar, tetapi juga berasal dari lingkungan terdekat.

Selain itu kita juga mengadakan berbagai terobosan inovatif dalam pencegahan dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak termasuk.Menguatkan upaya penggalangan sumber daya yang diperlukan terus kita lakukan termasuk menyusun target tujuan, dan strategi pelaksanaan program kekerasan terhadap perempuan dan anak dan salah satu dengan membentuk UPT PPA yang sudah berjalan sejak tahun 2016

“Alhamdulilah sejak dibentuk UPT itulah berbagai program dan sosualisasi terus kita lakukan kepada masyarakat dan masyarakat juga sudah merasakan keberadaan UPT PPA kita dan terakhir kasus yang kita temui yang dilaporkan oleh orang tuanya adanya anak kecangihan main game dan setelah kita lakukan pendampingan mereka bisa kita pulihkan mereka karena akibat ketagihan yang dilakukan jika tidak dibolehkan main game dia akan membunuh diri disamping terus meningkatkan kasus yang telah kita tangani selama ini baik dengan mendatangkan psikolog maupun bidang hukum.” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial dan pemberdayaan Perempuan Kabnpaten Tanahdatar Drs Yuhardi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Dumai yang telah menerima kedatangan rombongan mereka kedumai dan salah satu program mereka karena tanahdatar sudah sedang merencanakan untuk membentuk UPT PPA.

sekaligus ingin memberikan masukan dan gambaran sejauhmana keberadaan UPT PPA tersebut karena belum seluruh daerah di Indonesia yang membentuk UPT PPA itu termasuk di sumbar sendiri yang baru ada di UPT PPA tingkat Propinsi

Namun bukan berarti dengan pembentukan UPT PPA ini organisasi P2TP2A ini yang sudah ada selama ini akan bubar tapi keberadaan organisasi itu akan tetap akan kita pertahankan sehingga dengan adanya masukan dan regulasi yang kita terima itu dari Kepala Dinas PPPA Dumai termasuk keberadaan setelah UPT ini terbentuk nantinya akan kita sampaikan kepada pimpinan nantinya. Dan kita berharap UPT tersebut bisa terelisasi di Kabupaten tanahdatar karena penanganan kasus anak bisa tertangani secara Konprehensif dan tuntas

Karena “Kekerasan keluarga bukan cuma anak dan perempuan yang jadi korban. Tetapi perempuan juga berpontensi menjadi pelaku. Rumah seharusnya menjadi tempat teraman, harus diusahakan supaya selalu aman,” termasuk usaha kita terus mensosialiasikan Ini secara terus menerus kepada warga didaerah kita masing-masing.

Dalam rangkaian kunjungan tersebut disamping dilakukan penyerahan cindera mata dari masing masing kepala dinas juga dilakukan kunjungan kekantor UPT PPA dumai termasuk rumah singgah yang ada di UPT tersebut dan juga dilengkapi dengan sarana bermain bagi ibuk, anak yang bemasalah (mal).

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pemprov Bengkulu: Infrastruktur Harus Dapat Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

    Bengkulu. Newshanter.com. Asisten II Setda Provinsi Bengkulu diwakili Asisten II Setda Provinsi ...