Home / breaking / SAF 2019 Digelar Nagari Koto Kaciak Tanjungraya Maninjau
FOTO. NET

SAF 2019 Digelar Nagari Koto Kaciak Tanjungraya Maninjau

AGAM. Newshanter.co. Bertempat Balai Raba’a Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (29/08/2019) lalu, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria membuka secara resmi Silek Art Festival (SAF) 2019.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tambua yang diikuti Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Sekda Agam dan Kadisdikbud Agam. Kegiatan itu dihadiri OPD, forkopimda, tuo silek Agam dan lima orang tuo silek dari Malaysia.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengatakan, geliat silek tradisi Minangkabau sejatinya harus dimaknai sebagai sebuah upaya masyarakat dalam mengembalikan kearifan dan jati diri. Sehingga sangat penting dibangkitkan kembali di tengah masyarakat, salah satu bentuknya dengan pelaksanaan Silek Art Festival (SAF).

SAF merupakan platform Indonesiana yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini dijalankan dengan konsep gotong royong dan memberdayakan ekosistem kebudayaan.

“Untuk itu, melalui SAF diharapkan dapat memperkuat silek sebagai warisan budaya Minangkabau yang menjadi sumber kearifan lokal dan nilai-nilai kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, SAF salah satu ajang bentuk kepedulian pemerintah kepada warisan budaya nusantara khususnya Minangkabau. Apalagi silek merupakan budaya yang lahir turun temurun sejak dahulu hingga sekarang.

Sejak kecil anak muda Minang khususnya laki-laki dibina dalam kehidupan surau. Di samping itu, guna pembekalan fisik dan mental diberikan pula ilmu bela diri seperti silek dan ketangkasan lainnya.

“Silek dengan latihan fisik yang berat mampu membentuk pribadi yang tidak gentar terhadap ancaman dan dibarengi beberapa ujian mental seperti kesabaran, kendali emosi dan berani menghadapi rasa takut,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, sekaligus ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini adalah program dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui program Indonesiana untuk mendokumentasikan seni budaya nusantara.

Sedangkan di Sumatera Barat seni budaya diangkat adalah berhubungan dengan silek, yang telah ditetapkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno beberapa waktu lalu. Sementara itu, penyelenggaraannya melibatkan lima daerah seperti, Kota Padang, Sijunjung, Solok, Limapuluh Kota dan Agam.

“Di Agam penyelenggaraan SAF ditetapkan di Balai Raba’a Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis sampai sabtu (29-31/8). Beberapa agenda berhubungan dengan silek ditampilkan dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Agenda yang tampilkan seperti festival silek pelajar dan silek sasaran, dialog sinergitas pelestarian nilai budaya silek, pemutaran film silek, pameran silek, penampilan 7 sasaran silek kabupaten kota, kesenian tradisi anak nagari, seni budaya papar Hamka, makan bajamba, penampilan sasaran silek se-Agam dan tuo-tuo silek kabupaten kota tetangga.

“Untuk mengisi agenda sudah dibagi terutama sasaran silek salingka Danau Maninjau. Sasaran silek ini nanti akan ditampilkan siang malam secara bergiliran setiap harinya. Sedangkan festival silek pelajar dan sasaran, masing-masing kecamatan mengutus satu grup dengan anggota minimal satu pasang dan maksimal 5 pasang,” jelasnya.

Menurut Isra, bagi Agam kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memotivasi tuo silek dan sasaran silek, agar lebih aktif mengembangkan sekaligus mewariskan silek tradisi kepada generasi supaya aliran silek tidak hilang. Untuk itu, Isra mengharapkan masyarakat agar dapat mendukung kegiatan

Selain itu katanya kegiatan ini dilaksanakan untuk menggalang dan menumbuhkan solidaritas antar sesama masyarakat penggiat dan pecinta seni tradisional, serta mendokumentasikan berbagai aliran silek tradisi yang ada di Agam. (ril/net)

FOTO. Net

 

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Tiga Terdakwa Simpan Shabu Dalam Anus seberat 92,92 gram dari Kepri di Hukum 12 Tahun Penjara

    PALEMBANG. Newshanter.com -Tiga terdakwa kasus narkoba seberat 92,92 gram dari Kepulaun Riau ...