Home / breaking / Prof. Dr. Mestika Zed, M.A, Sastrawan Sumbar telah Berpulang

Prof. Dr. Mestika Zed, M.A, Sastrawan Sumbar telah Berpulang

Padang. Newshanter.com.Bertepatan dengan Tahun Baru 1 Muharam 1441 H Guru besar Universitas Andalas (UNAND) dan Universitas Negeri PadaNG (UNP) Prof. Dr. Mestika Zed, M.A. Minggu (01/09/2019) pagi puku 08.00, meninggal dunia di Rumah Sakit M Djamil Padang Sumbar. Almarhum meninggal dunia diduga karena serangan jantung demikian info dari grup Sastra Sumatera barat (Sumbar)

Seperti dilansir Wikipidia Prof. Dr. Mestika Zed, M.A. lahir di Batu Hampar, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat, 19 September 1955, Ia adalah merupakan salah seorang ahli sejarah Indonesia. Selain menjadi guru besar sejarah di Universitas Negeri Padang dan Universitas Andalas, dia juga aktif menulis buku serta sebagai kolumnis.

Mestika memperoleh gelar kesarjanaan di Jurusan Sejarah Universitas Gadjah Mada pada tahun 1980. Kemudian dia melanjutkan ke Vrije Universiteit, Amsterdam dan meraih gelar MA pada tahun 1983. Setahun kemudian dia mengikuti program penyetaraan S2 di Jurusan Sejarah Universitas Indonesia. Pada tahun 1991 dia mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang sejarah di Vrije Universiteit.

Mestika Zed merupakan sedikit dari sejarawan Indonesia yang saat ini giat meluruskan dan mengoreksi sejarah bangsa. Terutama terkait dengan peran tanah kelahirannya, Sumatra, yang selama ini selalu dipinggirkan dalam buku-buku sejarah nasional.

Dia aktif meluruskan sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia, dan sejarah Giyugun Sumatra, tiga peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang berpusat di Bukittinggi dan Padang (Sumatra Barat), yang selama ini diabaikan dan bahkan mendapat tempat tak terhormat dalam sejarah Indonesia.(*)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pemprov Bengkulu: Infrastruktur Harus Dapat Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

    Bengkulu. Newshanter.com. Asisten II Setda Provinsi Bengkulu diwakili Asisten II Setda Provinsi ...