Home / breaking / Sersan Dua Rikson E Chanra Prajurit Asal Minang di Makam di Prabumulih Sumsel,

Sersan Dua Rikson E Chanra Prajurit Asal Minang di Makam di Prabumulih Sumsel,

Palembang Newshanter.com – Prajurit Kodam II/Sriwijaya Sersan Dua Rikson Chandra yang gugur saat mengamankan unjuk rasa di Kabupaten Deiyai, Papua,  dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Prabumulih, Sumatera Selatan.

Hal ini karena prajurit tersebut bertugas di Batalyon Kaveleri 5/DPC Karang Endah,Muaraenim berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan di Prabumulih, kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan di Palembang, Kamis (29/08/2019).

Sementara itu Isak tangis mengiringi pemakaman Sersan Satu Anumerta Rikson Edi Candra yang gugur saat tugas mengamankan aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Deiyai, Papua. Almarhum dimakamkan secara militer di Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (30/8/2019).

Pantauan iNews, kesedihan mendalam tampak dirasakan keluarga, terutama sang istri Endang Setiawati yang terus memegang foto almarhum suaminya dan tak berhenti menangis. Keluarga tak menyangka jika ayah dua anak ini menjadi korban saat bertugas di Deiyai, Papua pada Rabu (28/8/2019).

Prosesi pemakaman dipimpin langsung Kasdam II Sriwijaya Brigadir Jenderal TNI Syafrial. Di mana tembakan salvo dari Satuan Kavaleri Yonkav V Serbu, Karang Endah, Kabupaten Muarta Enim, mengantarkan jenazah menuju liang lahat.

Kasdam II Sriwijaya berharap, aksi yang ada di Papua dapat segera diatasi agar kembali normal serta tak ada lagi korban jiwa. Dan jika anggotanya gugur dalam tugas karena tindakan kriminal, maka harus ditindaklanjuti sesuai penegakan hukum.

“Almarhum kami makamkan secara militer sebagai penghormatan dari negara kepada prajurit terbaik yang gugur di medan tugas. Kami juga beri penghargaan kenaikan pangkat anumerta dari sersan dua menjadi sersan satu,” ujar Syafrial, Jumat (30/8/2019).

Sementara itu, pihak keluarga yang diwakili Suwandi meminta maaf jika semasa hidup almarhum memiliki kesalahan. Baik kesalahan selama dalam dinas maupun ketika bermasyarakat dan bertetangga.

“Mohon dimaafkan jika ada hal yang kurang berkenan agar ini menjadi jalan mulus menghadap Yang Ilahi,” ujarnya.

Diketahui Sertu Anumerta Rikson Edi Candra ditugaskan ke Papua sebagai pasukan penjaga teritorial sejak tiga bulan terakhir. Dia berada dalam pasukan Kodam 16 Pattimura.

Kedua Orang Tua Almarhum Dari Sumbar

Sementra itu seperti dilansir Covensia.com, Serda Ricson Edi kedua orang tuanya berasal dari Sumatera Barat (sumbar) ayaknya dari Nagari Batagak dan Ibu dari Maninjau Kabupataen Agam Sumbar.

Menurut keterangan Walinagari Batagak saat dikonfirmasi Covesia.com, Hendry Dunant, Jumat (30/8/2019) menuturkan bahwa yang bersangkutan memang anak nagari Batagak, dimana ayah almarhum Cudik (65) berasal dari jorong Sawah Landek, nagari Batagak kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumetera Barat.

“Memang benar almarhum salah seorang anak nagari Batagak. Ayahnya asli Batagak dan ibunya asli Maninjau,” ujarnya.

Namun keluarga ini, kata Hendry merantau ke Jambi dan almarhum serda Ricson dinas di Palembang dan mendapatkan tugas di Papua. “Istri almarhum orang Koto Baru Tanah Datar tidak jauh dari Batagak dan memiliki dua orang anak,” imbuhnya.(Tim)

 

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Warga Desa Kualu ini Ditangkap Polsek Tambang, Diduga Terlibat Pencurian di Gereja

TAMBANG,newshanter.com – Disaat sebagian besar warga masyarakat berdiam dirumah dalam rangka Social ...