Home / breaking / Atraksi Budaya di KBN ke X di Padang Panjang Pecahkan Rekor Muri
Foto Istimewa

Atraksi Budaya di KBN ke X di Padang Panjang Pecahkan Rekor Muri

Padang Panjang. Newshanter.com- Atraksi budaya meriahkan pembukaan kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) Bertemakan  “Terekat Kuat Ragam Budaya Indonesia pada Penggalang Millenial di Bumi Minangkabau”  digelar di Lapangan Chatib Sulaiman, Bancah Laweh, Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatra Barat Senin (26/09/2019) memecahkan rekor Muri.

Pembukaan kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) X dibuka  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam  diwakili oleh Dirjen Kebudayaan, Kak Hilmar Farid.Diikuti tidak kurang dari 1000 Pramuka Penggalang se-Indonesia.

Hadir dalam pembukaan tersebut Walikota Padang Panjang Fadly Amran, Anggota DPR RI Komisi IX dr. H. Suir Syam, M.Kes, MMR, Gubernur dan Wakil Gubernur se Indonesia, Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Padang Panjang Ny. dr. Dian Puspita Fadly Amran dan Ny. Nova Era Yanthy Asrul sertaWakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Bina Muda Supriyadi dan Direktur Sejarah Triana Wulandari undangan lainnya.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa KBN yang sudah digelar sebanyak 10 (sepuluh) kali ini, membuktikan betapa besar harapan akan peran penting generasi muda untuk membawa bangsa ini melangkah ke depan.

Sehingga Pramuka menjadi wahana yang penting untuk mencetak generasi muda berkualitas tersebut melalui berbagai bentuk kegiatannya. Dania dalam sambutanya tidak lupa juga mengucapkan turut bela sungkawa kepada keluarga almarhumah Rara (12 tahun), salah satu penari yang menjadi korban jatuhnya tiang sound system pada saat Gladi Resik pembukaan kemarin.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten III Bagian Administrasi Umum dan Kesra Drs. Nasir Ahmad mengatakan kemah budaya menjadi ajang untuk mempemersatukan generasi muda sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan keragaman dan potensi budaya di seluruh Indonesia.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano. dalam sambutanya mengucapkan selamat datang di Kota Padang Panjang semoga selama kegiatan berlangsung nantinya menjadi kesan yang mendalam dan kenangan terindah bagi para peserta.

Tak lupa juga, walikota mengucapkan belasungkawa atas insiden yang terjadi sebelum hari-H pelaksanaan KBN yang membuat duka mendalam bagi siswa siswi Kota Padang Panjang.

Kemah budaya Nasional (KBN) yang di gelar di Kota Serambi Mekah ini memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dalam penari terbanyak.Atraksi budaya tersebut dibawakan oleh para siswa dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) berjumlah 2.200 orang.

Manajer MURI Triyono di Padang Panjang, Senin (26/08/2019), mengatakan rekor sebelumnya dipegang oleh Kabupaten Sijunjung dalam kategori yang sama dengan jumlah penari sebanyak 1.900 orang.

Menurutnya bagian penting dari rekor tersebut yaitu upaya dalam mengenalkan dan menjaga kelestarian budaya daerah.

Ia menilai atraksi budaya dengan melibatkan ribuan siswa sebagai langkah pemerintah daerah mengenalkan seni dan budaya daerah pada anak.

“Kami di MURI punya perhatian khusus pada pengajuan rekor yang berhubungan dengan budaya karena itu salah satu cara menumbuhkan kebanggaan pada budaya daerah,” Ujarnya.

Selain itu Rekor MURI yang dipecahkan juga dipersembahkan untuk seorang siswa yang meninggal akibat kecelakaan kerja robohnya menara sistem suara saat persiapan latihan untuk atraksi budaya tersebut, Minggu (25/08/2019).(tim)

About ZP NHO

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan simulasi pengangkatan Keramba Jaring Apung ( KJA ) Danau Maninjau

    Agam, News Hanter.com- Komandan Kodim 0304/Agam Letkol lnf Victor Andhika Tjokro, SIp ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 09-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC