Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Masyarakat Sungai Puar Apresiasi Kegiatan Non Fisik TMMD/N Reguler ke 105 Tahun 2019 dengan Membentuk Koperasi Nagari

Masyarakat Sungai Puar Apresiasi Kegiatan Non Fisik TMMD/N Reguler ke 105 Tahun 2019 dengan Membentuk Koperasi Nagari

Agam, NewsHanter.com – Dalam rangka kegiatan Non Fisik TMMD/N ke-105 tahun 2019, Kodim 0304/Agam menggandeng Dinas Perindagkop Kabupaten Agam untuk mensosialisaskian tentang Pendirian Koperasi dan UMKM demi untuk meningkatkan taraf Ekonomi masyarakat Nagari Sungai Puar, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (1/8/19).

Penyuluhan yang diberikan diantaranya, bagaimana tata cara mendirikan koperasi serta keuntungan menjadi anggota Koperasi demi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Nagari.

Koordinator TMMD 105 Letkol Victor andhyka, S.I.P melalui Danramil 11/PLB Kapten Inf Akhmad Mudigda mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan taraf Ekonomi Masyarakat Nagari Sungai Puar kearah yang lebih baik.

“Banyak keuntungan yang di dapat oleh masyarakat Sungai Puar ini nantinya seandai telah terbentuk koparasi di Nagari sungai Puar ini, salah satunya bisa mendapatkan modal kerja dengan sitem simpan pinjam, bisa mengembangakan usaha kecil dan menengah melalui pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh dinas peindagkop, serta melatih kedisiplinan dalam pengembangan usaha serta pemasaran hasil tani dan kerajian nantinya,serta menciptakan lapangan kerja nantinya,” ungkap Danramil.

Danramil juga menyampaikan, sebenarnya banyak usaha mikro dan kecil yang harus diberdayakan di Nagari ini, dan setiap pekerjaan bisa mempekerjakan minimal 1 (satu) orang dan telah tercipta kesempatan kerja untuk 1 orang pada setiap usaha, ini artinya jika kita memberdayakan UMKM tersebut.

Kadis Perindagkop Kab Agam Aryati sangat mengapresiasi masyarakat Sungai Puar atas kemauannya untuk memajukan Nagari dengan membentuk Koperasi yang selama ini belum pernah dimiliki oleh masyarakat Sungai Puar.

“Melalui kegiatan non fisik TMMD/N Reguler ke 105 Kodim 0304/Agam berhasil terbentuk Koperasi yang pertama kali di Nagari Sungai Puar. Ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan yang dihasilkan oleh kegiatan TMMD/N Kodim 0304/Agam dengan terbentuknya koperasi di Nagari Sungai Puar, tentu diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Sungai Puar khususnya dan Kecamatan Palembayan pada umumnya.

Pada pertemuan awal pembentukan pengurus Koperasi yang dipandu langsung oleh Iqbal Munafiar dari Pendamping Koperasi Kab Agam, terpilih sebagai Ketua Basri Budiman, Siska Handayani sebagai sekretaris dan Maira Yuli sebagai Bendahara, sebagai Badan pengawas di Ketuai oleh Nasdalia Hanifa anggota Ratna Neli, Maiwirna dan Koperasi diberi nama “Sungai Puar Palembayan Jaya” serta pembentukan kegiatan koperasi di bidang Simpan Pinjam, Pemasaran produk UMKM, Usaha tambahan dan usaha pendukung (Pertanian dan perikanan) serta menetapkan jumlah Simpanan pokok sebesar Rp. 150.000,- dan Simpanan wajib sebesar Rp. 10.000,-/Bulan. (A/M)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Kejari Pali Musnahkan Barang Bukti dari 28 Perkara Dari Narkoba Hingga Senjata Api

    PALI -Newshanter.com. Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan ...