Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / Tim Survey Mabes AD Tinjau Kegiatan TMMD/N Reguler ke 105 Tahun 2019 di Jorong Sungai Puar

Tim Survey Mabes AD Tinjau Kegiatan TMMD/N Reguler ke 105 Tahun 2019 di Jorong Sungai Puar

Agam, NewsHanter.com – Tim Pengawasan Evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI yang dipimpin Kolonel Inf Edison memeriksa dan meninjau kegiatan Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-105 di Jorong Sungai Puar, Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan TMMD/N ke 105 tahun 2019 ini dilaksanakan di Jorong Sungai Puar di antaranya pembukaan Jalan sepanjang 2.2 km dengan lebar 10 M, pembuatan gorong-gorong dan rehap Rumah tidak layak Huni serta Rehabilitasi Mushala.

Dansatgas TMMD/N, Letkol Victor andhyka, S.I.P, memaparkan kepada Tim Wasev tentang sasaran fisik dan Non Fisik program TMMD ke105 Kodim 0304/Agam yang dilasanakan di Jorong Sungai Puar, Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan yang sudah hampir mencapai 90 persen.

Dansatgas juga menyampaikan beberapa bangunan yang menjadi over prestasi program TMMD/N ke 105 Kodim 0304/Agam diantaranya pembangunan Jalan yang semula di jadwalkan pengerjaannya hanya panjang 2.2 km dengan lebar 8 M di menjadi panjang 2.2, dan lebar 10 M, juga Rehap rumah tidak layak huni yang semula hanya rumah saja namun dalam pengerjaannya kita langsung membuat dapur, termasuk Rehap Mushala dan kita menambah dengan pembuatan tempat wudhu sekalian.

Ketua tim Wasev Kolonel Edison yang didampingi Staf ahli Kodam l/Bukit barisan Kolonel lgid dono.l dan Kasiter Korem 032/Wbr mengucapkan, terimakasih kepada masyarakat Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan yang ikut membantu secara Gotong Royong bersama TNI dalam pengerjaan TMMD/N ini dan juga sangat berterima kasih sekali kepada Pemerintah Daerah yang telah ikut menganggarkan anggaran sehingga program TMMD/N di Kabupaten Agam bisa terlaksana.

Kolonel Edison juga menyampaikan, Sasaran fisik pengecoran jalan sudah hampir 85 persen mudah-mudahan dalam waktu 5 hari kedepan bisa tuntas sisa 3 hari untul finisingnya dan Insya Allah dalam waktu sembilan hari bisa dituntaskan sebelum penutupan TMMD/N.

“Kita sangat berharap perkerjaan jalan ini bisa tuntas sebelum penutupan TMMD Tangal 8 bulan Agustus ini, memang dalam pengerjaan banyak kendala yang ditemui, tetapi sebagai seorang prajurit itu bukanlah suatu alasan yang penting kerjakan pekerjaan sesuai amanat dan tanggung jawab”, ujar Kolonel Edison.

Kolonel Edison, juga menyampaikan, tujuan dilaksanakannya TMMD/N untuk membantu pembangunan daerah khususnya Desa/Nagari terisolasi sesuai dengan program pemerintah yakni pembangunan dari pedesaan/Nagari, ini sebagai ujut pengabdian TNI kapada Rakyat, sebab adanya TNI karena Rakyat dan TNI kuat juga karena Rakyat.

“Maka dapat disimpulkan bahwa TMMD/N ini bukan semata-mata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiap siagaan menghadapi setiap tantangan yang sedang dan akan dihadapi,” imbuh kolonel Edison.

Selain kegiatan Fisik, TMMD/N juga melakukan kegiatan Non Fisik seperti memberikan pendidikan kewiraan terhadap anak-anak sekolah, cek kesehatan serta penyuluhan-penyuluhan kepada warga Nagari, kesemuanya bersentuhan langsung dengan masyarakat Nagari Sungai Puar, ungkap Kolonel Edison mengakhiri.

Pada kesempatan itu hadir Staf ahli Kodam 1/Bukit Barisan Kolonel lnf lgid dono.l, Kasi ter Korem 032/Wbr, Kolonel lnf Budi Prasetyo, Azhari Kasi DPMD Provinsi Sumbar, Wali Nagari Nofiardi, Tk Sutan, Wali jorong Nopi lmran, Staf ahli bupati bidang hukum politik dan pemerintahan Budi perwira negara, M.Si, Bupati Agam yang diwakiliTrianda farhan satria,ST, Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan Nagari Teddy martha, S.STP, Ungku datuak Sungai Puar dan masyarakat setempat. (A/M)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Kejari Pali Musnahkan Barang Bukti dari 28 Perkara Dari Narkoba Hingga Senjata Api

    PALI -Newshanter.com. Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan ...