Home / breaking / Dituntut 20 Tahun Penjara Kades Suka Makmur Lahat Bebas

Dituntut 20 Tahun Penjara Kades Suka Makmur Lahat Bebas

Palembang. Newshanter.com. Kades Suka Makmur Kecamatan Talang Gumay Kabupatren Lahat, Sumatera Selatan, Risansi (48) alias Anggok bin Yusuf terdakwa kasus pembunuhan korban Ristal Alam, keamanan PT London
Sumatera (Lonsum), Lahat Kamis (25/04/2019) dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Kelas 1A Khusus Palembang bebas dari tuduhan pembunuhan  berencana dan  Kades tidak terbukti bersalah.

Terdakwa Makmur Risansi menurut Majelis Hakim yang diketuai Joko Sosongko,  bedasarkan fakta dipesidangan tidak terbukti bersalah melakukan tidak pidana turut serta dengan senggaja berencana menghilangkan nyawa orang lain sebagaimana diatur dalam pasal 340 jo 55. “Untuk itu membesbaskan terdakwa dari hukuman,” ujar ketua majelis hakim.

Terdakwa yang duduk dikursi persakitan begitu menengarkan putusan hakim dia  terdiam dan terharu sambil menghapus air matanya. Kemudian Hakim memerintahkan Jaksa untuk membebaskan dan mengeluarkan terdakwa dari penjara. Atas putusan terdakwa didampingi penasehat hukumnya Jilun menerima putusan tersebut. Sedangkan JPU menyatakan Kasasi.

Terdakwa sebelumnya oleh jaksa penuntut Umum (JPU) Kastam dari Kejati Sumsel, dalam tututanya menuntut Rinsadi Alias Angguk bin Yusuf dengan hukuman 20 tahun pejara. Karena menurut JPU terdakwa terbukti b turut serta dengan senggaja berersalah bencana menghilangkan nyawa orang lain sebagaimana diatur dalam pasal 340 jo 55. Untuk menuntut terdakwa pidana 20 tahun penjara.

Kades Suka Makmur Kecamatan Talang Gumay Kabupatren Lsaht, Sumatera Selatan, Risansi (48) alias Anggok/ foto Zainal Piliang

Penasehat hukum terdakwa  Jilun SH,MH ketika dihubungi Newshanrer,com, mengatakan senang sekali karena kliennya bebas, majelis hakim telah bertindak adil, karena apa yang dituduhkan bedasarkan fakta di persidangan tidak terbukti bersalah. “kalaus bisa malam ini klien kami sudah bisa dibawa pulang  ke Desa Suka Makmur,” ujarnya.

Sedangkan Risandi yang sudah dua kali menjabat Kades Desa Sukan Makmur, Kecamatan Talang Gumay, Lahta ketika diwawancarai Neewshanter.com, sesusai sidang mengatakan terharu sekali karena saya merasa tidak bersalah,” Saya tidak pernah menyuruh melakukan pembunuhan.” ujarnya.

Risandi mengaku sudah tujuh bulan mendekam dalam tahahanan. Sedangkan jabatannya diangkat Penjabat Sementara. “Alhamdulilah sejak Desa saya tinggalkan pemerintahan desa berjalan seperti biasa. Setelah ini Risandi mengaku kembli bertugas sebagai kades.

Seperti beritakakan ,Aksi pembunuhan terhadap Ristal Alam petugas keamanan PT London Sumatera (Lonsum), Lahat, terjadi Kamis (21/9/2018). Dalam kasus tersebut polisi menetapkan empat orang sebagai tersangka yakni Heriansyah (29), warga Desa Tanah Pilih, Kelurahan Tanah Pilih, Kecamatan Gumay Talang, Najamudin, warga Desa SP 3 Palem Baja Desa Suka Makmur, Kecamatan Gumay Talang, Yandri (35) warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Gumay Talang dan Kades Suka Mamkmur Risansi (48) alias Anggok

Kemudian ke empat orang ini diajukan ke persidangan dengan sidang terpisah. Dalam sidang terpisah itu telah dijatuhi hukuman kepada terdakwa.Masing masing terpidan Heriyansah 14 tahun penjara, Najamudin 16 tahun penjara dan Yanri 16 tahun penjara. Sedangkan Kades Suka Makmur Risanli alias Onggok bebas.

Berawal Dari Sangketa Lahan

Seperti diberitakan sejumlah media peristiwa berdarah tersebut terjadi, Kamis (20/09/2019), Kades Suka Makmur,
Risansi mengumpulkan warganya di Balai desa untuk bermusyawarah. Bahwa lahan sawit di Blok 85 di areal PT Lonsum belum diganti rugi untuk itu harus dipertahankan warga. Sang Kades bersama warga mendatangi perusahaan sehingga terjadi bentrok dan mengakibatkan Ristal Alam petugas keamanan PT London Sumatera (Lonsum) satu tewas akibat luka bacok.(fil)

About ZP NHO




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    TP PKK Sumsel Serahkan Bantuan Alat Bantu Dengar dan Kursi Roda Bagi Puluhan Penyandang Disabilitas

    Palembang -Newshanter.com.- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Sosial Provinsi Sumsel ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 05-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC