Home / breaking / Tunggu perhitungan dan Keputusan KPU, Hasil Quick Count Bisa Diaudit

Tunggu perhitungan dan Keputusan KPU, Hasil Quick Count Bisa Diaudit

PALEMBANG, Newshanter.com – Hasil hitung cepat (quick count) sementara pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 dimenangi oleh pasangan 01 capres dan cawapres Joko Widodo-KH Ma’aruf Amin.

Meski demikian, quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei tersebut belum bisa dijadikan dasar kemenangan calon presiden, baik pasangan nomor 01 Jokowi-Ma’aruf Amin maupun rivalnya 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Dengan kata lain, semua pihak harus menunggu hasil keputusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam keterangan persnya, Jokowi menyampaikan pernyataan terkait hasil quick count yang telah dilakukan oleh sejumlah lembaga survei tersebut. Jokowi didampingi cawapres KH Ma’ruf Amin, para ketua umum partai koalisi, Oesman Sapta, Surya Paloh, Hary Tanoesoedibjo, Airlangga Hartarto, Grace Natalie, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, Diaz Hendropriono, Suharso Monoarfa.

Pertama, ungkap Jokowi, pihaknya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPU, Bawaslu, DKPP sehingga persitiwa pesta demokrasi pileg dan pilres tadi pagi berlangsung jujur dan adil. Tidak lupa Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah menjaga keamanan dan ketertiban sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik.

“Dari quick count tadi juga sudah kita lihat hasilnya. Tetapi harus bersabar menunggu penghitungan KPU secara resmi. Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air setelah pileg pilpres ini, menjaga dan merawat kerukunan dan persaudaraan kita,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019).

Di tempat terpisah, capres Prabowo Subianto juga menyampaikan pernyataan di kediamannya. Prabowo meminta semua pendukung dan relawannya tenang dan tidak bersikap anarkis.

“Tenang dan tidak terprovokasi tindakan yang anarkis. Fokus mengawal kotak suara. Karena itu kunci kekuatan kita untuk membongkar kebohongan. Semua pendukung saya tidak untuk bertindak di luar hukum, tidak berlebihan, tetap menjaga TPS,” tegasnya.

Sementra Hasil hitung cepat Indikator menyebutkan pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi unggul atas pasangan nomor urut 01, Joko Widodo dan Maruf Amin.Perhitungan yang dikutip pukul 15.13 Wib ini pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno unggul dengan perolehan suara mencapai 54,68 persen sedangkan pasangan nomor urut satu Joko Widodo dan Maruf Amin meraih prosentase 45,32 persen suara.

Hasil quick count sementara ini memposisikan Prabowo dan Sandiaga Uno memiliki perolehan suara sementara paling tinggi dibanding Joko Widodo yang berpasangan dengan Maruf Amin.

Sedangkan Adman Nursal, konsultan politik sekaligus pimpinan Strategos mengatakan, bagi pihak yang keberatan dengan hasil quick count dapat melakukan audit terhadap proses dan metode penghitungan suara yang dilakukan lembaga survei tertentu.

“Kalau tentang hasil, harus patuh pada undang-undang. Yang mengumumkannya KPU. Hasil yang ada sekarang itu versi quick count.

Dalam sistem demokrasi seperti itu biasa. Kalau ada pihak yang tidak percaya kepada hasil quick count, berhak mengaudit lembaga survei tersebut. Lembaga yang melakukan quick count itu pun harus welcome kalau ada yang mau mengaudit,” ungkap Adman dikonfirmasi Simbur, Rabu (17/4/2019).

Terkait temuan atas dugaan pelanggaran Pilpres, seperti adanya surat suara yang sudah tercoblos di sejumlah daerah di Indonesia, Adman menanggapinya sebagai persoalan yang berbeda. “Itu hal yang lain, perlu diselidiki. Quick count hal lain lagi. Tidak bisa dibahas bersamaan,” jelasnya.(red)

 

About ZP NHO

x

Berita Lain

Polsek Tapung Amankan 3 Remaja yang Mencabuli Bocah Perempuan Secara Bergiliran

  TAPUNG newshanter.com – Tiga remaja pria berusia belasan tahun terpaksa diamankan ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 04-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC