Home / breaking / Banjir Badang (Galodo) Menimpa 50 Kota Sumbar

Banjir Badang (Galodo) Menimpa 50 Kota Sumbar

PADANG – Newshanter.com Banjir bandang atau galodo menghantam Nagari Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (16/4/2019).terjadi siang hari

Banjir bandang berlumpur tersebut datang dari hulu ke hilir Sikabu, Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang.Akibatnya sawah, rumah warga hingga jalan tertimbun lumpur. Sebelum terjadi banjir kondisi cuaca di sekitar memang sedang turun hujan.

Sago Indra (49), seorang warga yang beralamat di Padang Kuniang Situjuah Gadang mengatakan, banjir bandang membawa lumpur.

“Banjir membuat satu unit rumah terkena dampaknya, sawah warga juga terkenda dampak,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan seluler kepada TribunPadang.com.

Ia mengatakan, banjir membuat jalan terputus sekitar 50 meter.”Musibah ini terjadi lokasi Sikabu, Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota,” ujarnya.

Dikatakan Sago, setidaknya ada sekitar 30 hektar sawah yang rusak terkena banjir.”Tidak hanya rumah, dan jalanan, tapi juga ladang kurang lebih lima hektar, dan satu jembatan kecil dengan panjang lima meter,” katanya.Beruntung tidak ada hewan ternak warga yang terkena dampak kerugian.

“Sampai saat ini hanya baru itu yang dapat saya ketahui,” katanya.

Sementra itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendata dampak banjir bandang di Nagari Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (16/4/2019).

Setidaknya, ada 3 rumah warga dan 30 hektare sawah yang terdampak.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur membenarkan terjadi banjir di Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

“Sudah terjadi bencana banjir bandang atau galodo di Situjuh, Limapuluh Kota, Sumbar,” katanya.

Ia mengatakan, banjir bandang ini terjadi pada siang hari dari informasi yang didapatkan dari lapangan.”Sebelum terjadinya banjir, memang disertai dengan adanya turunnya hujan,” katanya.

Sebuah rumah yang terkena dampak banjir bandang di Sikabu, Jorong Padang Kuniang, Nagari Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa (16/4/2019).

 

Ia mengatakan, ada beberapa rumah yang terkena dampak atas kejadian ini.
“Saat ini datanya belum lengkap. Karena masih menunggu data dari lapangan,” ujarnya.

Ia baru mendapat data yaitu ada sekitar tiga rumah yang terdampak banjir, namun data ini masih bisa berubah.”Saat ini banjirnya sudah berangsur kurang. Tim BPBD juga sudah dikerahkan, dan Pos SAR Kabupaten Limapuluh Kota,” ujarnya.

Ada opsi pemindahan TPS?

Jelang pemungutan suara besok, Rabu (17/4/2019), Nagari Situjuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, dilanda galodo atau banjir bandang, Selasa (16/4/2019).

Komisioner Komisi Pemilu Umum (KPU) Sumbar Nova Indra mengatakan, beberapa rumah warga di sana memang ada yang terdampak banjir.

“Cuma itu hanya tergenang air saja. Itu tidak mengganggu proses pemungutan suara esok hari,” kata Nova Indra.

Namun, kata Nova Indra, sejauh ini pihak KPU Sumbar belum mendapat informasi lebih detail mengenai kondisi TPS yang ada di Situjuah.

“Belum mendapat informasi lebih lanjut dari tim yang ada. Kini kawan-kawan masih ada di sana,” tambah Nova Indra.

Jika memang lokasi TPS tidak memungkinkan untuk melakukan pemungutan suara, Nova Indra menyebut bisa jadi akan ada opsi pemindahan TPS.

“Kalau tidak memungkinkan di sana, bisa saja dipindahkan. Kita pindahkan ke lokasi yang lebih aman,” tutup Nova Indra.(*)

About ZP NHO




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    *PASKA PENANGKAPAN PULUHAN KELOMPOK SMB, PANGDAM II/SWJ KUNJUNGI JAMBI*

    JAMBI, Newshante.Com- Paska penangkapan sekelompok massa yang tergabung dalam Serikat Mandiri Batanghari ...

    0 pengunjung sedang aktif sekarang
    0 tamu, 0 anggota
    Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
    Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
    Bulan ini: 0 pada 07-01-2019 12:00 am UTC
    Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC