Home / breaking / SIMULASI PENGAMANAN PEMILU DAN APEL GABUNGAN TNI DAN POLRI SERTA FORKOPIMDA BUKITTINGGI

SIMULASI PENGAMANAN PEMILU DAN APEL GABUNGAN TNI DAN POLRI SERTA FORKOPIMDA BUKITTINGGI

Bukittingi, newshanter.com – Dalam rangka pengamana dan untuk mengantisipasi ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu pada bulan April 2019 mendatang, Polres BUkittnggi dan Kodim 0304/Agam serta Prinkopimda menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di Lapangan Kodim 0304/Agam, Jumat, (22/03/19).

kegiatan yang diawali dengan upacara gabungan dan dan setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan simulasi Sistem Sispamkota  sebagai bentuk kesiapan pihak kepolisian dalam pengamanan dari berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Gelar pasukan yang diikuti dari berbagai unsur yang terdiri dari Forkompinda Kota Bukittinggi, KPU  Kota Bukittinggi , Bawaslu  Kota Bukittinggi , Gabungan TNI-Polri  Kota Bukittinggi , Anggota Ormas, Linmas, Pokmas  Kota Bukittinggi , serta Tokoh Adat dan tokoh Masyarakat

Dalam simulasi  personil Kepolisian yang dibantu TNI memperagakan situasi disaat terjadinya pengerahan massa yang melakukan aksi damai, hingga aksi yang memanas, di mana massa mulai sulit dikendalikan dan cenderung bertindak lebih anarkis.

Dalam simulasi tersebut juga dipertontonkan aksi masa yang sengaja mencari kesempatn dalam situasi pemilu denghan megarahkan masa sehingga terjadinya saling dorong antara masa dengan aparat kepolisian, sehingga penanganan aksi massa yang diperagakan oleh Polres  Kota Bukittinggi beserta unsur keamanan terkait.

Kapolres  Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana. SIK MH mengatakan, bahwa secara ringkas gambaran dan tindakan yang dilakukan, harus mengacu pada skenario simulasi yang dirancang sedemikian rupa, sehingga cara tindak seragam dalam mewujudkan kantibmas, tetap kondusif dari berbagai ancaman dan gangguan.

“Semua personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu ini harus mengetahui, dan memahami peran dan tugas pokoknya sebagai petugas pengamanan, berkaitan dengan itulah pentingnya kegiatan ini dilakukan untuk membekali petugas agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal,” Ungkap Kapolres.

“Saya juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi pemilu 2019 agar tetap aman, damai dan kondusif”,Imbuh Arly( A/M)

About ZP NHO

x

Berita Lain

Polsek Tapung Amankan 3 Remaja yang Mencabuli Bocah Perempuan Secara Bergiliran

  TAPUNG newshanter.com – Tiga remaja pria berusia belasan tahun terpaksa diamankan ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 04-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC