Home / breaking / Polri Pulangkan Robertus Robert, Setelah Minta Maaf Kepada TNI

Polri Pulangkan Robertus Robert, Setelah Minta Maaf Kepada TNI

Jakarta. Newshanter,com,Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sekaligus aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Robertus Robet meminta maaf kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) apabila dinilai merendahkan lembaga tersebut.

Robet mengaku bersalah karena telah mengganti lirik Mars TNI dalam orasinya ketika Aksi Kamisan di depan Istana Negara, silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat pada tanggal 28 Februari 2019 lalu.

“Saya ingin neminta maaf tidak ada maksud saya untuk menghina dan merendahkan institusi TNI yang saya cintai,” ungkap Robet kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Kamis (7/3/2019).

Penangkapan sekaligus pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian pun dibenarkannya lantaran orasinya terkait rencana pemerintah menempatkan TNI pada sejumlah Kementerian itu.

“Saya ingin menyatakan bahwa benar saya diperiksa dan diamankan oleh pihak kepolisian, oleh karena orasi saya yang telah menyinggung dan merendahkan Institusi TNI,” katanya Robet.

“Saya juga ingin menyatakan bahwa benar yang menyampaikan orasi saat aksi kamisan benar adalah saya,” tambahnya.

Walau begitu, Robet mengaku enggan menyebutkan substansi pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Direktorat Cyber Crime Bareskrim Mabes Polri yang berlangsung sejak Kamis (7/3/2019) dini hari hingga petang.

Dirinya mengaku menyerahkan kasus dugaan ujaran kebencian yang disangkakan kepadanya kepada pihak Kepolisian.

“Saya berpegang pada keadilan, biar proses hukum dijalankan sesuai ketentuan berlaku,” ungkapnya.

 

Dipulangkan

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan, pemeriksaan Robet terkait pelanggaran ujaran kebencian sesuai pasal 45 ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah selesai.

Pihaknya pun telah memulangkan Robet usai menjalankan pemeriksaan.

“Hari ini untuk saudara R setelah dilakukan pemeriksaan kemudian proses administrasi penandatanganan beberapa berita acara selesai, saudara R dipulangkan oleh penyidik,” ungkap Dedi kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri pada Kamis (7/3/2019).

Walau telah dipulangkan, proses penyelidikan terkait kasus yang menimpa Robet terus dilanjutkan sesuai dengan ketentuan.

Sehingga apabila pihaknya membutuhkan keterangan Robet, pihaknya akan kembali melakukan pemanggilan.

“Tentunya nanti akan dipanggil ulang kembali, apabila memang masih dibutuhkan keterangan saudara R,” jelasnya.

Terkait upaya penangkapan Robet yang dilakukan pihaknya pada Rabu (6/3/2019) jelang tengah malam, Dedi menyebutkan pihaknya telah sesuai dengan ketentuan.

Pihaknya telah melakukan gelar perkara sekaligus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi sesuai dengan Pasal 207 KUHP. Sehingga anggapan masyarakat tentang pemaksaan dalam kasus Robet dibantahnya dengan tegas.

“Setelah dinyatakan cukup, dari hasil gelar perkara tersebut, maka dari penyidik Direktorat Cyber Crime Bareskirm tadi malam mengambil langkah penegakan hukum, berupa mendatangi kediaman saudara R dan membawa saudara R ke kantor untuk dimintai keterangan,” tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, orasi Robet yang sempat viral di media sosial mendapat respon dari masyarakat. Namun, Robet dinilai telah menyebarkan ujaran kebencian serta melakukan penghinaan kepada TNI menggunakan pasal 45 ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Pasal 14 ayat 2 juncto Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP.

Terkait hal tersebut, Robet akhirnya digelandang pihak kepolisian ke Bareskrim Mabes Polri, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (6/3/2019) pukul 23.45 WIB..(Sumber : WArta Kota)

 

About ZP NHO

x

Berita Lain

SIMULASI PENGAMANAN PEMILU DAN APEL GABUNGAN TNI DAN POLRI SERTA FORKOPIMDA BUKITTINGGI

Bukittingi, newshanter.com – Dalam rangka pengamana dan untuk mengantisipasi ancaman dan gangguan ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 03-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC