Home / breaking / Tak Terbukti Bersalah, Nopin Dibebaskan
Dari kiri : Advokat Ruli Ariansya SH, Nopin Saputra, Kades Sungai Lilin dan keluarga Nopin. Foto: Dok.Istimewa

Tak Terbukti Bersalah, Nopin Dibebaskan

Sekayu, Newshanter.com – Lantaran tidak terbukti melakukan tindak pidana Pasal 363 ayat (1), (4) dan (5). “Mengadili, Menyatakan terdakwa Nopin Saputra (33) membebaskan terdakwa tersebut, oleh karena itu dari dakwaan Penuntut Umum. Memerintahkan agar terdakwa dibebaskan dari tahanan, setelah putusan ini diucapkan. Memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya”, demikian hal ini dikatakan Ketua Majelis Hakim Andi Wiliam Permata SH yang didampingi Majelis Hakim Anggota Arlen Veronica SH MH dan Majelis Hakim Anggota Christoffel Harianja SH.

Menetapkan barang bukti berupa, satu unit sepeda motor merk Honda Beat warna pink hitam nomor polisi BG 4309 BAK dikembalikan kepada terdakwa dan membebankan biaya perkara kepada Negara, tegas Majelis Hakim diruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Sekayu, Selasa (26/02/2019). Pada persidangan sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Akbari Darnawinsyah SH, menuntut terdakwa dengan hukuman 1 (satu) tahun penjara.

Menanggapi putusan ini, Nopin Saputra melalui kuasa hukumnya, Advokat Ruli Apriansyah SH, meyakini bahwa terdakwa tidak bersalah. “Saya optimis bahwa klien saya tidak melakukan tindak pidana yang didakwakan JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Sekayu sebagaimana dalam perkara pidana nomor : 978/Pid.B/2018/PN.Sky, dikonfirmasi diruang kerjanya Kamis (28/02/2019). Terbukti dengan putusan bebas atas ke – 4 klien saya”, cetusnya.

Menurut Ruli Apriansyah SH, berdasarkan pertimbangan majelis hakim terhadap keterangan semua saksi – saksi yang dihadirkan dipersidangan tidak bersesuaian, sehingga untuk menyatakan klien kami bersalah tidak didapatkan bukti yang cukup dan klien kami juga dapat membuktikan bahwa memang mereka tidak melakukan tindak pidana yang didakwakan,” sebutnya.

Untuk langkah hukum berikutnya Ruli menyatakan akan melaporan balik terhadap pelapor dan berharap pihak Polda sumsel dapat sesegera mungkin menuntaskan laporan kami di Propam Polda Sumsel, harapnya.

“Putusan perkara ini dapat menjadi pertimbangan atas kinerja Kapolsek Sungai Lilin berikut oknum polisi anggota Polsek Sungai Lilin yang diduga telah melakukan kekerasan terhadap para klien kami agar mendapatkan sanksi sesuai hukum yang berlaku di institusi Polri, selain itu, kami juga akan mengajukan gugatan ganti kerugian serta kami akan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI) untuk membuat laporan,”pungkasnya.(yn)

 

About ZP NHO

x

Berita Lain

Kajati : Narkotika Meningkat Setiap Tahun, “Segera Harus Cari Solusi “

Palembang Newshunter.com,- Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel Ali Mukartono SH MH mengatakan jika ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 05-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC