Home / breaking / Peringatan HUT ke 29 Gebu Minang Sumsel Meriah

Peringatan HUT ke 29 Gebu Minang Sumsel Meriah

Palembang, Newshanter.com. Peringatan Hut ke 29 Gebu Minang yang digelar Gebu Minang Sumatera Selatan di Gedung Balai Prajurit Palembang, Minggu (13/01/2018) malam berlangsung meriah.

Ratusan masyarakat memenuhi gedung Balai Prajurit tersebut di hibur dengan permainan kim yang didatang dari Solok Sumatera Barat. Selain main kim juga ditampil tari piring dibawakan sanggar carano Palembang.

Hadir dalam acara tersebut TNI Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen Irwan. Gubernur Sumsel, Walikota Palembang, Ketua Umum BMKM Sumsel Noprizon, Sekjen Gebu Minang pusat, Ketua Gebu Minang Sumsel Eddi Gudian dan sejumlah tokoh masyarakat minang diantara HM Zaini (pengusaha) Wakil Rektor II Unsri Muctaruddin, Prof DR Jhoni Emirzon, Hery Amir (Ketua Umum Permato Pertama, dan undangan lainya.

Pandam II Sriwijaya Mayjen Irwan, yang berasal dari Padang kota, sebagai pelindung dan payung panji urang awak di Sumsel, minta urang Minang di Sumsel untuk menjaga kebudayaaan Minang nan menjaga kesatuan dan persatuan. Dan mengajak urang untuk bangkit menjaga NKRI sesuai dengan thema hut Gebu Minang ke 29 “Minang Bangkit Menjaga NKRI”.

Melihat banyaknya masyarakat yang hadir Irwan minta, penggurus minang untuk mengelar acara ditempat terbuka dan luas, diisi dengan festival kuliner minang. Serta memamerkan kerajinan tangan urang awak serta membantu para pedagang kecil. Para pengusaha besar hendak jangan pelitmembantu pengusaha kecil. Seorang yang pemurah itu rezki nya akan berlimpah,” ujar Irwan. Pangdam yang baru berapa bulan betugas di sumsel ini dalam sambutan dari awal sampai akhir mengunakan bahasa minang sehingga acara terasa akrap dan meriahp.

Sementara Ketua Gubu minang Sumsel Eddi Gusdian dalam sambutanya, mengatakak kehadiran Gebu Minang yakni untuk melestarikan budaya minamg dan membangkitkan EkonomiMasyarakat Minang. Kedepanya kata Eddi kita akan mengelar kegiatan kesenian minang seperti lomba lagu minang dan berkerjasama sengan Dinas Parawisata Kota Palembang.

Sedangkan Ketua Umum BMKM Sumsel H Noprizon, dalam sambutan Gebu Minang ini dan BMKM Sumsel seperti kakak dan adik yang tidak bisa dipisakan. BMKM akan vokus dengan kegiatan sosialdan keagamaan. Sedangkan Gebu Minang vokus dengan kegiatan membangun ekonomi dan melestarikan budaya minang.” Untuk itu BMKM dan Gebu Munang akan selalu bersinergi,” ujarnya.

Ketua Umum DPP Gebu Minang Usman SaptaOdang yang berhalang hadir karena berobat ke luar Negeri di wakili Sekjen Gebu Minang Drs. H. Zarkasyi Nurdin.

(zainal piliang)

About ZP NHO

x

Berita Lain

SIMULASI PENGAMANAN PEMILU DAN APEL GABUNGAN TNI DAN POLRI SERTA FORKOPIMDA BUKITTINGGI

Bukittingi, newshanter.com – Dalam rangka pengamana dan untuk mengantisipasi ancaman dan gangguan ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 03-01-2019 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2019 12:00 am UTC