Home / breaking / Bupati Kampar dan Gubri Acara ajak Masyarakat Mensucikan diri dari sifat-sifat yang tidak baik

Bupati Kampar dan Gubri Acara ajak Masyarakat Mensucikan diri dari sifat-sifat yang tidak baik

KAMPAR. Newshanter.-Acara balimau kasai sudah merupakan tradisi bagi masyarakat Kampar Riua dalam menyabut bulan Suci Ramadhan. Acara balimau tahun ini masyarakat Kecamatan Kampar Utara membanjiri salah satu lokasi Kegiatan tradisi Balimau Kasai, di Pulau Kosiok, Desa Muara Alai,Kecamatan Kampar Utara Jumat (26/05/2017).balimaukasai

Acara Balimau Kasai ini dihadiri Gubernur Riau Arsyajuliandi Rachman dan rombongan.Gubernur didampingi Bupati Kampar, Aziz Zainal Sebelum acara dimulai, rombongan para pejabat pemerintah ini menaiki perahu karet menyusuri aliran sungai Kampar. Dari lokasi acara di Dusun Tiga Batu Belah, Kecamatan Kampar, menuju Desa Muara Alay selama 30 menit.

Di bantaran sungai Kampar ini, ribuan masyarakat menyaksikan tradisi turun temurun tersebut. Andi Rachman dalam sambutannya mengatakan harapannya agar Balimau Kasai bisa dijadikan kegiatan pariwisata provinsi bersama Pemkab Kampar.

“Acara Balimau Kasai yang sangat luar biasa ini, harus bisa dijadikan iven pariwisata Riau yang bekerjasama dengan Pemkab Kampar. Karena tradisi ini sudah turun temurun dalam menyambut ramadan,” kata Andi Rachman.

Selain itu Gubernur mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai Kampar.“Riau memiliki 4 sungai besar, yakni Sungai Siak, Indragiri, Rokan dan Sungai Kampar, dari ke empat sungai tersebut Sungai Kampar yang lingkungannya masih asri, untuj itu ini perlu kita jaga,” ungkapnya.

Apalagi, lanjutnya, setelah lebaran Provinsi Riau akan kedatangan Mentri dari Singapura, nantinya kita akan ajak menyusuri aliran Sungai Kampar.

Sedangkan Bupati Kampar mengajak masyarakat untuk memaknai tradisi Balimau Bakasai sebagai ajak silaturahmi untuk saling meminta maaf sebelum menjalankan ibadah puasa.

“Balomau Bakasai hanya tradisi, mari kita ambil nilai-nilai positifnya untuk bersilaturhami, mandi balimau hanya untuk mensucikan diri, tapi yang paling penting mari kita mensucikan hati dari sifat-sifat yang tidak baik,” ajak Azis.

Camat Kampar Utara, Fajri Hasbi mengaku sangat mendukung kegiatan Balimau Kasai yang dilaksanakan di daerahnya. Menurut Fajri dengan adanya tradisi balimau bisa menjadi pengingat oleh Warga Kampar yang merantau untuk pulang ke Kampung halaman.

Kemudian masyarakat bersama keluarganya pun sama-sama turun ke sungai. Acara dihadiri ribuan masyarakat kampar ini dihibur juga dengan panjat pinang yang ada di pinggir sungai. Mereka mandi bersama hingga menjelang magrib.(*/era)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Puluhan Paket Shabu ditemukan Petugas saat Tangkap 2 Pelaku Narkoba di Kampar

    KAMPAR,newshanter.com – Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kampar kembali menangkap para pelaku narkoba, ...