Home / Nasional / Swasta Bayar TNI-Polri untuk Penggusuran, Ahok: Kami Enggak Mau Tahu

Swasta Bayar TNI-Polri untuk Penggusuran, Ahok: Kami Enggak Mau Tahu

JAKARTA -Newshanter.com- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan personel TNI dan Polri yang ikut melaksanakan penggusuran kawasan-kawasan Jakarta memperoleh uang bantuan. Uang itu berasal dari anggaran Pemprov DKI atau dari perusahaan swasta.

Pria yang kerap disapa Ahok itu tak menutup-nutupi adanya dana yang mengalir ke personel TNI dan Polri jika ikut proses penggusuran. Jika menggunakan APBD, ia menyebut setiap personel memperoleh Rp 250 ribu. Ditambah lagi uang makan setiap personel sebesar 38 ribu rupiah.

“Ada yang dari kita, ada yang mungkin mereka (perusahaan swasta) keluarkan. Transfer ke yang bersangkutan. Uang makan juga transfer ke kesatuan mereka,” katanya kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (12/5/2016).

Sementara itu, Ahok mengatakan dana dari pihak perusahaan swasta untuk personel TNI dan Polri bukan kewenangannya. Ia mencontohkan ketika perusahaan swasta memenuhi kewajiban sebagai pengembang reklamasi maka Pemprov DKI hanya ingin hasil akhirnya. Sehingga ia merasa tak peduli terhadap proses berjalannya proyek, perusahaan swasta menggunakan tenaga TNI dan Polri.

“Kalau Podomoro (PT Agung Podomoro Land), misalnya, kalau dia lagi merapikan Jalan Inspeksi Daan Mogot, dia mau bayar orang bagaimana? Dia pasti pakai kontraktornya. Misalnya ada bantuan polisi mau makan, dia pasti pakai uang. Tapi apakah itu dimasukkan sebagai bagian kewajiban mereka ke kami? Enggak. Kami enggak mau tahu Anda mau bayar siapa, Anda bagaimana, yang penting barangnya jadi berapa, itu yang kami hitung,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Bantah

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, ketika di komfermasi membantah pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang menyatakan TNI-Polri yang ikut pembongkaran diberikan dana melalui APBD.

“Kita tidak menerima dana pengamanan dari Gubernur. Kita punya dana sendiri kontinjensi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, Kamis (12/05/2016).

Sedangkan Kapendam Jaya Kolonel Heri Prakosa mengaku tidak tahu terkait hal itu. “Tanya dong sama Ahok kalau itu, tidak tahu saya,” kata Heri kepada Republika.co.id, Kamis (12/05/2016).(ROL/NHO)

Ahok dan TNI / Foto Net

Ahok dan TNI / Foto Net

Personel Polri/ Foto Net

Personel Polri/ Foto Net

Persinil TNI/ Foto Net

Persinil TNI/ Foto Net

kalojodoh digusur..foto net

kalojodoh digusur..foto net

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

Larikan Mobil Rental, Pelaku Ditangkap di Wilayah Sumedang dan Dibawa ke Polsek Kampar Kiri Hilir

KAMPAR KIRI HILIR,newshanter.com – Hasil kerjasama Unit Reskrim Polsek Kampar Kiri Hilir ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 02-01-2020 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-31-2020 11:20 am UTC