Home / breaking / Bupati Pelalawan HM Harris Resmi Dilantik Di Jakarta

Bupati Pelalawan HM Harris Resmi Dilantik Di Jakarta

Jakarta, Newshanter.com – Setelah sempat tertunda acara pelatikan  Bupati  Pelalalawan Riau, Akhirnya  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo secara langsung menyaksikan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melantik 2 Kepala Daerah dari Provinsi Riau yakni Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lt-3 Kemendagri Jakarta Pusat, Jumat (22/4/2016).

Pelantikan HM Harris dan Zardewan Bupati dan Wabup terpilih Kabupaten Pelalawan periode 2016 – 2021 dan Bupati dan Wabup terpilih Kabupaten Rokah Hulu Suparman dan Sukiman dilakukan usai pelantikan 6 pasangan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Sumatra Utara.

Pelantikan yang tepat dilaksanakan pada pukul 17.00 Wib, juga dihadiri oleh Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan serta ketua KPU pusat Husni Kamil Malik. Usai dilantik dilakukan penandatanganan Berita Acara pelantikan dan penandatanganan Pakta Integritas.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tjahlo Kumolo menyampaikan wejangan kepada Bupati/wakil Bupati, Wali kota/Wakil Wali Kota yang baru dilantik.

Kepada Kepala Daerah yang baru dilantik hari ini yang merupakan sebagai perwakilan Pemeritah di daerah, saya berharap percepatan pengambilan keputusan politik di daerah harus segera diselesaikan, misalnya terkait anggaran pembangunan yang harus didukung oleh DPRD.

“Dalam menjalankan tugasnya saudara harus ada sinergi dengan semua lembaga terkait,” jelas Mendagri Tjahyo Kumolo dihadapan Kepala Daerah yang dilantik.

Selanjut Tjahyo Kumolo menjelaskan bahwa pemerintah daerah itu bukan hanya Bupati, Wakil Bupati, dan DPRD serta seluruh struktur pemerintah tingkat desa dan kelurahan, “Tapi ada Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Tokoh Adat, Tokoh Agama, itulah yang harus disinergikan oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Tjahyo Kumolo menjelaskan.

Selanjutnya dengan tegas Mendagri menyampaikan bahwa penundaan pelantikan Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Riau dan Sumatra Utara bukan kesalahan Gubernur Riau ataupun Sumut melainkan Kepresnya sudah ada namun masih menunggu salinan dari Mahkamah Agung (MA) yang prosesnya cukup lama.

“Begitu juga kalau ada Gubernur tidak berkenan melantik Kepala Daerah di Provinsi dengan beberapa alasan maka akan dilantik di Kantor Kemendagri. Jadi tidak ada masalah, yang Jelas setelah dilantik di Kemendagri maka serah terima jabatan dan acara selanjutnya akan digelar di Provinsi,” ungkapnya.

Pelantikan ini dihadiri oleh ratusan undangan dari para Kepala Daerah yang dilantik. Sejumlah pejabat Pelalawan juga ikut hadir pada pelantikan Bupati Pelalawan yang bersamaan dengan sejumlah beberapa Kepala Daerah lainnya. (Anton)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pelaku Seksual Terhadap Anak Angkat Sejak SD Hingga Hamil Ditangkap Reskrimum Polda Bengkulu

    Pelaku Seksual Terhadap Anak Angkat Sejak SD Hingga Hamil Ditangkap BENGKULU,Newshanter.com. Seorang ...