Home / uncategorized / Pengaruh Kabut Asap Penderita Ispa Naik 40 Persen di Lahat

Pengaruh Kabut Asap Penderita Ispa Naik 40 Persen di Lahat

Lahat-Newshanter.com Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Lingkungan, Ubaidillah SKM MKes menyebutkan, setidaknya dalam kurun waktu dua bulan terakhir ini, setidaknya masyarakat yang penderita inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mengalami kenaikan hingga 40 persen.

“Data yang kita ambil dari 31 puskesmas di Kabupaten Lahat, untuk Juli tercatat 1.647 penderita, sedangkan Agustus terdata 2.345 pasien ISPA, apabila dikalkulasikan naik mencapai 40 persen,” katanya, ditemui, di ruang kerjanya, Jumat (11/9).

Penyebabnya sendiri?”Tingginya penderita ISPA ini, tidak lain, debu maupun kabut asap pemicu utama yang mulai menyelimuti Kota Lahat maupun sekitarnya, sehingga masyarakat mau tidak mau akan menghirupnya, dan mayoritas menyerang orang dewasa,” jelas Ubaidillah

Ubadilillah menghimbaukan, kepada masyarakat untuk tidak terlalu sering beraktifitas di luar rumah, apalagi sejauh ini kabut asap mulai pekat, dan kepada anak-anak untuk menggunakan masker guna meminimalisir terjadinya gangguan pernafasan.

“Jangan terlalu banyak keluar rumah, kalau tidak penting sebaiknya didalam saja, hal ini, untuk menghindar terjangkitnya ISPA, dimana, penderita akan batuk-batuk, mengalami sesak nafas dan mata menjadi perih. Hal ini paling tinggi menyerang penduduk di Kota Lahat,” tukasnya.(Ganda)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pos-pos Terbaru




loading...

adnow

Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Kapolres Kampar Berikan Motivasi Kepada Santri Ponpes Daarun Nahdhah Bangkinang

    Kapolres Kampar Gelar Police Goes to School di Ponpes Daarun Nahdhah Bangkinang ...